Hai Luddy,

Coba pelajari VBA terutama dalam pemanfaatan event workbook open, before
close, activate, deactivate, sheet activate, sheet deactivate. Lalu coba
manfaatkan object commandbars untuk men-disable control id 22 (paste) atau
bila perlu dengan id 23 (paste special). Juga menonaktifkan penekanan CTRL
V melalui object application pada properti OnKey terhadap tombol CTRL V

Susunan dasarnya,
setiap kali workbook dibuka, bila ingin langsung di-nonaktifkan, jalankan
baris kode untuk menonaktifkan id 22,23 dan CTRL V
atau proses me non aktifkan saat workbook di activate atau sheet di
activate saja akan lebih baik.
Yang jelas, pada proses yang berkaitan deactivate atau before close
dilakukan proses untuk meng-aktifkan kembali supaya file Excel lainnya bisa
bekerja dengan menu Paste, pastespecial, dan CTRL V.

Sila search di milis
https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages
tentang disable paste atau semacamnya. Cari di internet juga banyak.

Met mencoba

On Fri, Mar 13, 2015 at 11:22 AM, luddy subiyandoko
luddy_subiyand...@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com

  • [belajar-e... luddy subiyandoko luddy_subiyand...@yahoo.co.id [belajar-excel]
    • Re: [... Nang Agus nanga...@gmail.com [belajar-excel]
      • B... luddy subiyandoko luddy_subiyand...@yahoo.co.id [belajar-excel]