Rerata terhadap data karakter ?
Sepertinya yang dimaksud adalah yang paling sering muncul.

Supaya ndak butuh banyak baris bantu ketika jumlah baris datanya banyak,
manfaatkan array formula.
Misal data di b1:z1 berisi huruf-huruf dan hasil di aa1
array formula di aa1 :
=char( mode( code( b1:z1 ) ) )

andaikan tidak semua data adalah huruf kapital alias ada yang menggunakan
huruf kecil, manfaatkan fungsi Upper
=char( mode( code( upper( b1:z1 ) ) ) )

*** pastikan setelah menulis formula untuk menekan CTRL SHIFT ENTER
menggantikan penekanan ENTER pada umumnya

btw,
Andaikan yang dibutuhkan adalah memang reratanya, maka diperlukan
standarisasi nilai numerik setiap huruf. Kemudian data diubah ke nilai
numerik standar tersebut lalu di rerata. Hasilnya bisa jadi berupa bilangan
pecahan. Andaikan hasil nilai rerata (termasuk ketika berupa bilangan
pecahan) akan diubah ke huruf lagi, maka diperlukan kebijakan tentang cara
mengkonversi setiap nilai hasil rerata menjadi suatu karakter tertentu.

belajar-excel@yahoogroups.com>:

>  Sore Mas Saryono
>

> Coba kalau datanya dirubah seperti ini.
>

> Terima kasih