Thx mr kid arahannya…..saya coba pelajari

Salam

irianto

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 22 April 2015 8:34
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel

Maaf baru sempat nulis yang agak panjangan dikit...

Cara membuat query : silakan pelajari struktur bahasa SQL dari internet,
misalnya disini <http://www.w3schools.com/sql/sql_intro.asp> .

Jika bisa membuat query, maka akan bisa membacanya.
Jika bisa membaca query, maka akan bisa membuatnya.

Susunan umum query untuk mengambil data (menyusun dataset atau query SELECT) :

SELECT koloms

FROM dataset_sumber

JOIN dataset_lookup

ON kriterias_lookup

WHERE kriterias_filter

GROUP BY koloms_penyusun_grup

HAVING kriterias_filter_berdasar_hasil_penge-grup-an

> bisa dijadikan urutan belajar SQL dasar <

Yang biru : harus bisa (basic)

Yang merah : diusahakan segera bisa

Yang hitam : untuk yang serius mengolah data berbasis database

Yang hijau : untuk yang suka bermain dengan pengolahan data berbasis database

Dua part (klausa) lagi yang sebaiknya bisa, yaitu :

UNION [ALL]   -> dibaca UNION atau UNION ALL : menggabungkan data (BUKAN
menjejerkan data ya)

ORDER BY   -> mengurutkan dataset hasil

Pembuatan query dilakukan seperti pembuatan formula, dengan langkah umum :

-3 : mendefinisikan target

-2 : mendefinisikan kriteria-kriteria proses

-1 : menyusun alur proses

0 : memilih alat dan bahan proses

1 : menyusun bagian FROM

2 : menyusun bagian SELECT

3 : menyusun bagian lain dari query (bila proses memerlukannya)

4 : evaluasi query

5 : rilis kalo sudah ok

Contoh untuk kasus ini :

-3 : mendefinisikan target

> membentuk dataset dengan kolom-kolom : nip; nama; time; state.

-2 : mendefinisikan kriteria-kriteria proses

> nip dari kolom nip, nama dari kolom nama, time dari kolom tgl dan (msk atau
> klr), state berupa teks yang berbunyi C/In atau C/Out

> state C/In ketika time dari tgl dan msk

> state C/Out ketika time dari tgl dan klr

> time akan berisi nilai jika kolom absen bernilai 'D', dan akan kosong atau
> nol jika kolom absen bukan bernilai 'D'

-1 : menyusun alur proses

> a. menyusun dataset untuk state bernilai 'C/In'

> b. menyusun dataset untuk state bernilai 'C/Out'

> c. menggabungkan (BUKAN menjejerkan) hasil a dan b

> d. mengurutkan hasil c berdasar kolom nip (kolom ke-1 hasil c) secara ASC dan
> state (kolom ke-4 hasil c) secara ASC

0 : memilih alat dan bahan proses

> menggunakan query

> sumber data dari file Excel sheet bernama cara3_data

> proses dilakukan di file Excel

1 : menyusun bagian FROM

> untuk proses -1.a. maupun -1.b. (karena diambil dari sumber data yang sama)

FROM [cara3_data$] AS a

"Ambil data dari dataset bernama cara3_data yang berupa sheet Excel dan beri
nama panggilan berbunyi 'a' "

2 : menyusun bagian SELECT (sumber data diberi nama panggilan a)

> untuk proses -1.a.

SELECT a.nip, a.nama
     ,cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+'
'+left(a.msk,2)+':'+right(a.msk,2)),0) as [time]

     ,'C/In' as [state]

"susun dataset kolom dari kolom nip sumber data a, kolom nama dari sumber data
a, ketika kolom absen dari sumber data a bernilai 'D', susun data datetime dari
kolom tgl ditambah waktu berupa susunan 2 karakter terkiri kolom msk
dihubungkan titik dua (:) diikuti 2 karakter terkanan kolom msk dan kolom ini
diberi nama panggilan time, kolom dengan nama panggilan state diisi dengan teks
tetap (constant text alias string) berbunyi C/In"

> untuk proses -1.b.

SELECT a.nip, a.nama
     ,cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+'
'+left(a.klr,2)+':'+right(a.klr,2)),0) as [time]

     ,'C/Out' as [state]

"susun dataset kolom dari kolom nip sumber data a, kolom nama dari sumber data
a, ketika kolom absen dari sumber data a bernilai 'D', susun data datetime dari
kolom tgl ditambah waktu berupa susunan 2 karakter terkiri kolom klr
dihubungkan titik dua (:) diikuti 2 karakter terkanan kolom klr dan kolom ini
diberi nama panggilan time, kolom dengan nama panggilan state diisi dengan teks
tetap (constant text alias string) berbunyi C/Out"

> [...]

FROM [cara3_data$] AS a

> proses -1.d., mengurutkan hasil dengan klausa ORDER BY berdasar kolom ke-1

ORDER BY 1 ASC, 4 ASC

--> karena default ORDER BY adalah ASC, maka bisa ditulis :

ORDER BY 1, 4

> [...]

> jika sukses, berarti bisa dirilis

> jika gagal (hasil belum sesuai atau tidak bisa dijalankan), perlu perbaikan

--> misal hasilnya sukses

5 : rilis kalo sudah ok

> save workbook dan kirim sebagai file lampiran

Kira-kira demikian...

Wassalam,

Kid