Hai Tjahya,

Coba dilampirkan data dasar absensinya saja. Tanpa ada cell berformula
apapun. Kemudian buat tabel referensi pengelompokannya. Pisahkan antara
referensi keterangan yang berkaitan dengan jam datang dengan jam pulang
menjadi 2 tabel referensi lebih dulu. Definisikan dengan jelas seluruh
kriteria setiap item referensi.

Sebaiknya, hindari penggunaan kode yang hanya berbeda besar atau kecilnya
huruf. Lebih baik dibuatkan sebuah kode tersendiri yang teks tampilannya
berupa huruf besar atau huruf kecil tersebut beserta keterangannya.
Contoh :

kode     legend       ket                kondisi
1            S            blablabla          kalau si anu begini begitu
tapi ininya begono
2            s            bliblibli              kalau si una bigeni bigetu
tapi aninyi bogeno
dst

Regard,
Kid

On Tue, Jun 2, 2015 at 2:14 PM, Tjahya Hartono tjahyahart...@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> Sebelumnya Mr Kid dan Bpk Tobby dan Master excel lainnya terima kasih atas
> bantuannya, tetapi Mr Kid saya masih kurang jelas,tentang bagaimana caranya
> ya bila saya mau memasukkan kategori-kategori seperti dibawah ini: Sehingga
> berefek kepada hasilnya di tabulasi absensi hariannya.
>   X (Huruf Besar) JM & JP  x (huruf kecil) JM/JP  S :  Ijin tidak Masuk  s
> Tidak
> Masuk Tanpa Ijin (tanpa pemberitahuan)  P :  Ijin Pulang Awal  p Absen
> Lebih awal (ketika jam pulang)  T :  Ijin Terlambat  t :  Terlambat Masuk
> [...]
  • [belajar-excel] M... Tjahya Hartono tjahyahart...@yahoo.co.id [belajar-excel]
    • Bls: [belaja... Toby kenzo tobyke...@yahoo.co.id [belajar-excel]
    • Re: [belajar... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
      • Bls: [be... Tjahya Hartono tjahyahart...@yahoo.co.id [belajar-excel]