Hai Nurani,

Copas nya pakai VBA atau manual ?
Kalau masih manual, ubah jadi pakai VBA. Kurang logis jika user meng-copas
dari 50 sheet sumber ke 50 sheet target. Bisa jadi penyusunan tabel
dasarnya ndak berkaidah tabel database yang baik, sehingga ribetnya
sedemikian rupa.

Kalau sudah pakai VBA, buat salinan log proses copas oleh si VBA di suatu
sheet tertentu. Dari sini bisa ditampilkan sheet target mana yang belum
dapat sumber data baru, dan data apa yang kurang dari file sumber data yang
sudah ada saat itu.

btw,
Excel memiliki fitur track changes yang bekerja dalam keadaan workbook
ter-shared.
Setiap pengubahan suatu cells bisa dibuatkan keterangannya dengan fitur
ini. Bahkan bisa dibuatkan salinan cells yang berubah nilainya. Tapi tidak
dengan yang berubahnya karena suatu formula.

fyi,
menyusun log cells yang berubah jauh lebih baik daripada sekedar memberi
warna atau memberi comment terhadap cells yang berubah tersebut. Hanya
saja, effort-nya memang harus lebih banyak.

Wassalamu'alaikum wr wb

  • [belajar-excel] k... alkenanur...@yahoo.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar... hendrik karnadi hendrikkarn...@yahoo.com [belajar-excel]
      • Re: [bel... nurani alkena alkenanur...@yahoo.com [belajar-excel]