Hai Nurani,

ndak berulang-ulang kok bikinnya, cukup 1 kali untuk buanyak cells dgn
kriteria CF yang sama.
buanyak cells ber-cf akan mengambil porsi kerja Excel. Tapi, pengerjaan CF
oleh Excel tetap jauh lebih cepat dibanding mewarnai sendiri dengan VBA.

Kalau dibuat manual, langkahnya begini :
1. blok range F10 sampai F358 dan pastikan range pertama yang diklik adalah
range F10 alias range F10 harus menjadi cell aktif
2. buat conditional formatting (CF) :
    > ribbon Home -> group Styles -> klik Conditional Formatting -> pilih
New Rule -> muncul dialog window
    > pilih Use formula -> tulis (ketik manual saja) formulanya di area
formulabar yang disediakan CF, formulanya berbunyi :
              =D10>C10
        * kalau tidak diketik alias langsung ditunjuk ke range D10 dst,
maka pastikan tanda absolute reference nya diatur agar sesuai kebutuhan,
yaitu merujuk ke kolom yang tetap (absolute allias ada $) tapi sisi baris
berubah (tidak boleh ada $ disisi nomor baris)
        * jadi formula bisa juga berbunyi :
             =$d10>$c10
    > klik tombol format -> atur formatnya (misal klik tab Font -> ganti
warna jadi merah) -> OK sampai kembali ke worksheet
3. save workbook

Kalau pembuatan CF akan diotomasi dengan VBA, coba lakukan record macro.

Kalau sudah ada contoh baris kode hasil record macro, silakan diubah sesuai
kebutuhan.

Biasanya, bisa diubah menjadi berbunyi :
     dim cf as formatcondition
     on error resume next
     sheets("nama sheetnya").range("f10:f358").formatconditions.delete
'hapus semua CF di range tersebut
     set cf= sheets("nama
sheetnya").range("f10:f358").formatconditions.add(
xlexpression,formula1:="=d10>c10")
     cf.font.colorindex=3   '3 kode indeks warna merah

  • [belajar-excel] condi... alkenanur...@yahoo.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar-exc... Toby kenzo tobyke...@yahoo.co.id [belajar-excel]
    • Re: [belajar-exc... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
      • [belajar-exc... alkenanur...@yahoo.com [belajar-excel]