Pak HK,

Pembahasan tentang group dalam pivot table bisa dilihat disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html>.
Data yang dijaga agar memiliki datatype yang sesuai akan memudahkan proses.
Pivot table termasuk salah satu fitur yang bisa mendapatkan kemudahan
tersebut dalam memproses outputnya.

Data bertipe datetime memiliki hirarki dari years sampai seconds, dan hal
ini adalah salah satu contoh pembentukan grup. Years adalah kelompok
berdasar nilai year setiap data bertipe datetime. Begitu seterusnya sampai
seconds. Jadi, jika sebuah nilai data bertipe datetime akan dibuat suatu
grup berdasar hirarki dasarnya (dari years sampai seconds) tentulah
dimungkinkan untuk dibantu oleh pivot table.

Begitu juga dengan data bertipe numerik yang bisa dibuatkan grup berdasar
suatu rentang nilai tertentu, seperti setiap grup berisi 1000 nilai dsb...

Regard,

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Mr. Kid,
>
> Terlampir adalah file basic_pivot_table_filtering yang dibuat oleh Mr. Kid
> sebagai jawaban atas pertanyaan salah satu member.
>
> Yang ingin saya tanyakan megnenai Pivot Tabelnya..
> Dari mana field "Months" berasal karena pada Sheets data tidak ada field
> "Months" dan field "Months" juga bukan berasal dari Calculated Field.
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK

  • [belajar-excel] P... hendrik karnadi hendrikkarn...@yahoo.com [belajar-excel]