Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Mas Nang,

Shortcut untuk mengakses freeze pane dalam ribbon adalah ALT W F f
(selain f ada r dan c).
Jika ribbon di non aktifkan, maka fungsi ALT W sudah hilang, sehingga tidak
dapat mengakses F (apalagi sampai f, r, atau c)
Jadi, fitur Freeze Pane pada ribbon yang di-non aktifkan membutuhkan VBA
untuk beroperasi. Akses user terhadap fitur tersebut juga perlu ditata
ulang, misalnya dengan menghadirkannya di dalam context menu cells atau
mendefinisikan shortcut tertentu untuk pengaktifannya.

Wassalamu'alaikum wr wb

  • [belajar-excel] Frezee Panes Nang Agus nanga...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar-excel] Frez... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]