Cara yang saya sarankan juga pakai VBA (Macro) kok. Konsepnya malah lebih
terstruktur daripada yang Anda rancang.
Jadi, bukan masalah pakai VBA atau tidak. Tapi lebih cenderung ke
konsepnya, yaitu terstruktur atau tidak.

Kalau pertanyaannya ada cara lain atau tidak, tentu banyak, karena bisa
mengkombinasikan berbagai fitur Excel yang bisa diotomasi dengan VBA.

Tapi sebenarnya, pertanyaan Anda adalah ada konsep lainnya selain konsep
yang saya sarankan atau tidak...
Tentu jawabnya adalah banyak dan salah satunya adalah konsep yang Anda
rancang.

Pertanyaan berikutnya dari Anda adalah dengan konsep yang Anda rancang
tersebut bisa dibuatkan atau tidak...
Tentu jawabnya adalah tidak bisa, karena saya bisanya yang simpel-simpel
saja. Kalau yang rumit-rumit mah bikin kepala pening.
Tapi entah BeExceller yang lebih mampu berpening ria ya... ditunggu saja...

btw,
coba konsep Anda direnungkan kembali,
1. Kalau nanti berganti hari ada nota masuk lagi, dimana data nota yang
lama ? lalu seperti apa hasil rekapnya (menambahkan atau mengganti seluruh
nilai rekapan) ?
2. Bagaimana cara merekap nota per bulan, triwulan, jangka waktu tertentu
dsb... Tentu hal ini tidak dibutuhkan sekarang, tapi apa iya data akan
dibiarkan menguap begitu saja setelah di-input ? Apa wajar kalau setiap
inputan disimpan dalam 1 workbook yang berbeda (kalau sebulan ada 20 hari
kerja ada 20 file dong... gimana merekap gabungan per bulannya ? gabungkan
semua workbook ? cpd)
3. Apakah data ini berdiri sendiri dan tidak ada kaitannya dengan kegiatan
lain dalam perusahaan ? Bagaimana cara menghubungkannya dengan kegiatan
lain tersebut (jika ada kegiatan lainnya) ?
4. Kalau data nota ini sebenarnya hasil output dari suatu sistem, kenapa
ada proses input manual lagi yang lalu di pindah ke cetak ?

kira-kira segitu saja deh...
dari yang 4 itu saja kan sudah bikin pening kalau suatu saat nanti
dibutuhkan...
apa iya harus bangun dari nol lagi...

;)

met mencoba dan menunggu...

On Wed, Sep 30, 2015 at 3:51 PM, Ivan Sebastian layona...@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> terima kasih atas sarannya mr kidz...  tapi apa ada cara lain selain itu?
> semisal pakai makro gt..
> ini file updatenya.. saya tambahkan rumus di bagian rekap nota...
> dan limit untuk sheet cetak nota saya bikin maks 24 nota untuk satu file...
>

> Pada Selasa, 29 September 2015 20:00, "'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>

> Hai Ivan,
>
> Sebaiknya Anda membuat sebuah sheet yang menampung seluruh data inputan
> berupa sebuah tabel yang baik.
>
> Misal Anda punya sheet inputan Nota berbentuk :
> [...]
  • [belajar-excel] tanya... Ivan Sebastian layona...@yahoo.co.id [belajar-excel]
    • Re: [belajar-exc... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
      • Re: [belajar... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
        • Bls: [be... Ivan Sebastian layona...@yahoo.co.id [belajar-excel]