Hai Warsito,

Kira-kira begini...
(maaf, userform dan seluruh activex control disesuaikan dengan keadaan
setempat, karena tidak tampak di office viewer nya GDrive)

1. misal ada userform berisi sebuah combobox yang diberi nama cboPartName
(sesuaiakan nama combobox nya dengan keadaan setempat). Combobox
cboPartName diisi dengan daftar di kolom 'Nama part' yang unique dari sheet
bernama 'data barang' (kolom A)
2. user memilih dari cboPartName, maka pada suatu textbox yang bernama
txtNoFaktur (sesuaikan juga ya), akan diisi nomor faktur terakhir untuk
nama part terpilih yang diambil dari sheet bernama 'rekapan' kolom 'Nama
part' (kolom B).

Pada event change milik combobox cboPartName diberi kode berikut :
dim rngPartNameRekap as range      'wadah range nya nama part terpilih yang
terakhir ditemukan di sheet rekapan
if cbopartname.listindex<>-1 then    'user memilih sesuatu di cboPartName
    with sheets("rekapan").range("b:b")       'pada kolom B sheet rekapan
         'cari teksnya cbopartname di kolom B sheet rekapan dengan jalan
mundur
         set rngpartnamerekap = .find(cbopartname.text, .resize(1,1) ,
lookat:=xlwhole , searchdirection:=xlprevious)
         if not rngpartnamerekap is nothing then      'kalau range hasil
cari tidak kosong alias ada barangnya atau ketemu
                txtnofaktur.text=rngpartnamerekap.offset(0,3).value
'isi txt dengan no faktur yang ada di 3 kolom setelah kolom B
         else    'karena tidak ada di sheet rekapan, txt nya di kosongkan
                txtnofaktur.text=vbnullstring
         endif
    end with
endif

Jadi, variabel object range bernama rngpartnamerekap akan berisi range di
kolom B pada baris terakhir yang isi nilai kolom B nya sama dengan isian di
cbopartname. Kalau cbopartname dipilih 'Gear' oleh user, maka
rngpartnamerekap akan berisi range b8. Dari range b8 ini, nomor fakturnya
diperoleh dengan jalan lompat 3 kolom ke kanan alias offset 0 baris dan
plus 3 kolom [offset(0,3)].
Berarti, Anda juga bisa mengambil nilai dikolom lain, seperti 'Quantity'
yang dicapai dengan lompat 4 kolom kekakan dari B.

Selamat mencoba...

  • [belajar-excel] Menampi... Warsito Ito warsitoit...@yahoo.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar-excel... Toby kenzo tobyke...@yahoo.co.id [belajar-excel]
      • Re: [belajar-e... Warsito Ito warsitoit...@yahoo.com [belajar-excel]