pinjem formulanya odong ah... (termasuk syarat dan ketentuan yang berlaku)
        =IF ( ISNUMBER ( FIND ( "BUMN" ; _text yang akan di cari_) ) ;
"BUMN"; "NON BUMN")

Kalau targetnya untuk menulis BUMN dan NON BUMN sebagai pembeda record yang
BUMN dengan yang bukan, formula odong bisa dipakai. Dan juga bisa diubah
dikit menjadi :
     =IF( CountIF( _cells text yang akan di cari_ ; "*BUMN*" ) ; "BUMN";
"NON BUMN" )

atau kalau pakai Rept (sering digunakan Pak Anton)
    =Rept( "NON" ; CountIF( _cells text yang akan di cari_ ; "*BUMN*" ) ) &
"BUMN"

Tapi kalau hasilnya pengen teks BUMN untuk record ada teks BUMN dan
nullstring (tampak kosong) bila record tidak berisi teks BUMN, maka bisa
menggunakan :
     =IF( CountIF( _text yang akan di cari_ ; "*BUMN*" ) ; "BUMN"; "" )
atau
    =Rept( "BUMN" ; CountIF( _cells text yang akan di cari_ ; "*BUMN*" ) )

Kalau record-nya ada teks BUMN diisi BUMN, dan ada yang lainnya maka diisi
teks yang lainnya tersebut, bisa begini :
1. jika posisinya tetap, memanfaatkan right left mid find substitute rept
dan sebagainya
2. kalau posisinya tidak tetap, buatlah daftar nama-nama seperti BUMN dan
kawan-kawan yang akan jadi hasil di suatu area range, kemudian manfaatkan
array formula untuk mengambil teks dari area tersebut ketika ada di dalam
sebuah record.

Wassalam,
Kid

On Wed, Dec 2, 2015 at 3:57 PM, odong nando odongna...@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> yoo murni,
>
> kyaknya bisa pake if ifan dah,
>
> =IF ( ISNUMBER ( FIND ( "BUMN" ; _text yang akan di cari_) ) ; "BUMN";
> "NON BUMN")
>
> bila regional kompi setempat adalah english maka ganti karakter titik koma
> " ; " menjadi koma " , "
>
> artinya cari kata "BUMN" oleh fungsi FIND bila terdapat maka ISNUMBER akan
> menghasilkan nilai numerik di karak keberapa BUMN ditemukan , dan bila
> angka numerik selain nol " 0 " di temukan oleh fungsi IF atas transformasi
> ISNUMBER maka fungsi IF akan memunculkan "BUMN", namun jika ISNUMBER
> [...]
  • [belajar-excel]... Murni Always murnialways_sm...@yahoo.co.id [belajar-excel]
    • Bls: [bela... odong nando odongna...@yahoo.com [belajar-excel]
      • Re: [b... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [belaj... Jan Raisin miss.jan.rai...@gmail.com [belajar-excel]