Dear pak Yudi,

pada saat pak Yudi mencari nilai minimum atau mencari nilai maksimum dari
suatu kumpulan data, maka yang sebenarnya terjadi adalah pak Yudi
membandingkan suatu nilai dengan nilai yang lain.

Pastinya pak Yudi tau bahwa untuk membandingkan nilai tersebut dalam
operasi matematika selalu menggunakan simbol:
< untuk lebih kecil
<= lebih kecil atau sama dengan
> lebih besar
>= lebih besar atau sama dengan
<> tidak sama dengan

Nah.. kali ini yang akan dilakukan perbandingan adalah nilai antara kolom B
korelasi dengan nilai kolom D, di mana nilai yang terkecil akan diambil
lalu dijumlahkan.. bukan begitu bukan?

Coba kita bermain-main dengan fungsi IF untuk menyelesaikan hal ini..

formulanya akan menjadi

=If( range_kolom_B < range_kolom_D , range_kolom_B , range_kolom_D )

​Logika dan cara bacanya sudah tau kan?
​
​alu hasilnya dijumlahkan dengan formula Sum sehingga menjadi

=Sum(If( formula_yang_tadi ))

​Jika nilai tersebut dibagi dengan hasil penjumlahan dari kolom B maka akan
diperoleh hasil yang diinginkan

Sentuhan akhir dari semua formula di atas adalah dengan menekan 3 tombol
ajaib secara bersamaan sehingga muncul tanda kurung kurawal { } di awal dan
akhir formula untuk memunculkan nilai Agregat.

Tombol ajaibnya adalah Ctrl Shift Enter

Formula di atas disebut juga Array formula atau CSE formula yang merupakan
salah satu keajaiban Excel.. xixixii
Mr Kid, pinjam linknya ya..
untuk berkenalan dengan array formula silakan klik di sini
<http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>

Bagaimana jika jumlah baris datanya berubah-ubah? jawabannya adalah dengan
memanfaatkan fitur List (Excel 2003 ke bawah) atau Table (Excel 2007 ke
atas)

silakan dicoba, semoga bermanfaat..

Salam

-Miss Jan Raisin-