Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Matzen,

Sebelumnya, mohon maaf ya...
1. kalau bisa file lampiran di postingan berikutnya diusahakan tidak
melebihi 250KB
2. dongeng di bawah ini hanyalah hasil melihat preview file lampiran Anda
alias tidak membukanya dengan Excel.

Dari preview-nya...
Mungkin bisa ditambahkan sebuah kolom yang berisi nomor blok. Misal, Line 1
sampai 4 adalah Opt 1, maka ada 1 kolom yang berisi angka 1 untuk Line 1
sampai 4. Begitu seterusnya untuk seluruh blok Opt yang ada.
Kolom ini bisa Anda buat diluar pivot table. Bisa jadi akan lebih baik bila
dibuat di sisi pivot table data source, sehingga bisa ditampilkan dalam
pivot table (walau nanti akhirnya akan di hide kolomnya supaya tidak
ter-print).
Sebut saja kolom ini bernama ID_OPT

Konsepnya begini...
Kolom baru tersebut adalah area filter. Jika ingin print blok opt 1, maka
kolom tersebut di filter untuk nilai 1 saja. Lalu proses print bisa
dilakukan.

Dari konsep tersebut, Anda bisa berkreasi dengan VBA untuk menyediakan
cells inputan opt berapa sampai berapa yang akan di-print. Begitu user
pencet print, maka dilakukan loop dari nilai opt awal yang diinginkan user
sampai nilai akhir opt yang diinginkan user.
Dalam proses loop ini, diisi proses untuk :
a. clear autofilter di kolom ID_OPT
b. filter kolom ID_OPT dengan nilai Opt yang sedang diproses oleh loop
c. lakukan print
d. di akhir baris prosedur tersebut, lakukan clear autofilter.

Pastikan bahwa area print yang di-set adalah area seluruh opt yang ada.
Misal yang perlu di-print adalah blok tema output, header tabel output per
opt, dan ada 17 blok opt, maka set area print seluas 17 blok opt di kolom
yang perlu saja, beserta area tema output dan header output.

Selamat mencoba,

Wassalamu'alaikum wr wb

  • Re: [belaja... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
    • RE: [b... 'Subroto, Matzen' matzen.subr...@akzonobel.com [belajar-excel]