Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Nanank,

Jika akan mengambil total suatu data berdasar :
a. suatu kriteria (umumnya 2 kriteria atau lebih) adalah dengan SumIFs
walau bisa dengan array formula Sum atau SumProduct
b. 1 (satu) kriteria, umumnya dengan SumIF walau bisa dengan SumIFs atau
array formula Sum atau SumProduct.
c. 0 (nol) kriteria, umumnya dengan Sum walaupun bisa dengan SumIF atau
SumIFs atau SumProduct

Untuk menghitung cacah item (seperti menghitung jumlah record), maka hal
tersebut di atas tetap berlaku, tetapi bunyi Sum diganti dengan Count
kecuali pada SumProduct.

Penjelasan tentang fungsi-fungsi yang disebut di atas bisa Anda dapatkan di
dalam Excel Help.

File terlampir memanfaatkan fungsi SumIFs.

Wassalamu'alaikum wr wb