Hai Marone,

Data yang tersebar di banyak sheet bisa disebut sebagai raw data.

Biasanya, akan lebih mudah dan lebih baik kinerja Excel-nya jika dari raw
data tersebut dibuat sebuah Excel Datasource di sebuah sheet baru. Excel
datasource selalu berbentuk tabel yang mengikuti *kaidah *tabel database.
Untuk kasus Anda ini, berarti Excel Datasource di sheet baru itu adalah
kumpulan seluruh data dari banyak sheet pada kolom-kolom yang dibutuhkan
saja.
Pembentukan Excel Datasource ini bisa Anda lakukan melalui berbagai cara,
antara lain :
1. manual copy-paste values
2. fitur Get External Data dengan query Union ALL
3. advanced filter satu per satu sheet, setiap memproses 1 sheet, copas
hasilnya ke sheet hasil yang sama dengan proses paste di baris kosong yang
ada
4. pivot consolidation jika key-nya hanya 1 kolom dan kolom lainnya adalah
nilai
5. cara yang Anda pilih dari nomor 1 sampai 4 di atas bisa diotomasi dengan
VBA
*** autofilter bisa dimanfaatkan saat menggunakan proses 1 atau 3 dan
menjadi bagian dalam proses 4 yang mengotomasi proses 1 atau 3

Dari Excel Datasource, bisa dibentuk berbagai output atau mungkin berbagai
datasource lain, seperti Pivot Table Datasource di sheet yang sama atau di
sheet baru.
Proses yang Anda butuhkan adalah mendapatkan data terurut secara Ascending.
Dengan berbekal Excel Datasource yang telah terbentuk, maka Anda bisa
menggunakan beberapa cara berikut untuk mendapatkannya :
1. menggunakan fitur Sort, lalu di copy paste values ke sheet hasil (bila
perlu, manfaatkan autofilter sebelum sort)
2. bila Anda menggunakan fitur Get External Data saat menyusun datasource,
biasanya sudah didapatkan hasil yang Anda butuhkan dengan klausa Order By
di query-nya
3. bila Anda menggunakan fitur Pivot Consolidation, biasanya sudah
didapatkan hasil yang Anda butuhkan dengan melakukan sort di pivot
consolidation yang terbentuk.
4. memanfaatkan fitur Excel Pivot Table untuk mendapatkan hasil yang Anda
butuhkan
5. di sheet lain, dibuat array formula Small IF yang merujuk ke sheet
berisi Excel Datasource tadi. Cara ini biasanya akan menampakkan kinerja
Excel yang terasa melambat.
6. salah satu cara dari cara 1 sampai 4 di atas di otomasi dengan VBA

Regards,

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

> dear master..
>
> tolong solusinya bagaimana membuat filtering formula dari source berbagai
> sheet..
> kalo sourcenya cuma 1 sheet sy sdh bisa dengan rumus :
>
> small(if((sheet!cellA1:A100=sheet!cell);row(1:90);row(1:100))
>
> tapi jika sourcenya menggunakan lebih dari 1 sheet, saya masih bingung
> karena referensi rownya sama, mungkin hrs dibedakan ya
>

> tks

Kirim email ke