Hai Arie,

Tidak ada yang bermasalah dengan formula di file yang terdahulu di versi
Excel 2003 ke atas.
Formula dalam nama range yang digunakan (dirujuk) oleh shape picture adalah
berbentuk :
=Index( blok_range_gambar_di_sheet_penyimpan_gambar , Match(
cells_inputan_user , blok_range_key_inputan_user_di_sheet_penyimpan_gambar
, 0 ) )

Contoh :
Sheet penyimpan gambar di sheet bernama *'Sumber'*, dengan *kolom A adalah
key berisi ID Karyawan* dan *kolom B berisi gambar foto masing-masing
karyawan*
Sheet inputan user di sheet bernama *'Absensi', dengan cells B3* adalah
tampat menulis ID Karyawan yang akan absen.
Sebuah nama range bernama '_myPic_' dibuat dengan scope workbook dan
dirujuk degan formula berbunyi :
=Index( *'Sumber'!$b$1:$b$231* , Match( *'Absensi'!$b$3* ,
*'Sumber'!$a$1:$a$231* , 0 ) )

Sebuah shape picture yang bisa di-link dengan formula (bisa diisi formula)
dibuat di sheet 'Absensi'
> beberapa cara buat shape yang dapat di-link formula di xl2007 : (pilih
salah satu cara)
   a. klik sebuah cells (misal G7) -> copy cells G7 -> ribbon Home -> group
Clipboard -> segitiga kecil Paste - pilih As Picture -> pilih Paste Picture
Link
   b. ribbon Insert -> group Text -> klik Object -> muncul dialog window
Object
       -> pilih tab Create New -> pilih Bitmap Image -> JANGAN centang
Display as icon -> tekan OK -> biasanya muncul Paint -> tutup si Paint

Cara pasang formula di shapes picture link agar merujuk ke nama range
_myPic_
        -> klik shapes hasil paste picture link -> ubah formulanya menjadi
formula merujuk ke nama range _myPic_ dengan bunyi formula :
             =_myPic_
        -> lalu tekan ENTER
        -> atur dimensi shapes picture yang sudah diisi link ke nama range
_myPic_

Kalau image tidak tampil, pastikan ada sheet dengan setiap cells yang sudah
di-insert picture dan formula nama range _myPic_ merujuk ke cells berisi
shape picture tersebut.

Jangan lupa untuk udate MS Excel dengan SP yang terbaru yang ada.

belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Yth. Mr. Kid
>
> Terima kasih atas solusinya ..
>
> Langkah2 sesuai arahan sudah saya coba, namun masih gagal belum bisa
> terlihat gambarnya.
> Apakah mungkin jika formula tersebut tidak cocok untuk office 2007 yaa ?
>
> mohon maaf , sharing , file tersebut saya coba dengan formula lain lookup
> gambar, alhamdulillah gambar bisa muncul (tetapi belum sempurna, karena
> gambar belum otomatis berubah )
>
> file terlampir ..
>
> mohon bisa memberi pencerahan
>
> terima kasih