Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Himmah,

Kebanyakan pengguna VBA malah melupakan kemampuan Excel itu sendiri,
sehingga segala sesuatunya dianggapnya akan lebih cepat atau lebih keren
kalau pakai script daripada memanfaatkan kemampuan Excel.
Jadinya, seakan-akan VBA adalah tools membuat program dan bukan lagi
sebagai alat otomasi.

Padahal, Excel sendiri sudah powerful, dan VBA sebagai alat otomasi lebih
membuat Excel powerful.
VBA di dalam Excel sendirian sebagai tools untuk membuat program, sangatlah
buruk karena terlalu banyak keterbatasannya.
Excel sendirian tanpa VBA, sudah sangat luas kemampuannya
Jadi, yang dibutuhkan adalah Excel yang disertai VBA, bukan VBA untuk
membuat program di dalam Excel.
VBA untuk otomasi... Jadi, scriptnya sederhana tapi tetap sesuai kebutuhan.
Masa' dah pakai kolom bantu, script VBA-nya masih ruwet binti rumit bin
memuyengkan bin hadeeeh...

Contohnya terlampir dengan asumsi tabel berisi unique record berdasar 4
kolom pertama (kolom A:D)

Wassalamu'alaikum wr wb

  • [belajar-excel] m... him mah himmah....@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar... hendrik karnadi hendrikkarn...@yahoo.com [belajar-excel]