From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Wednesday, November 23, 2016 11:33 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Release memory

Wa'alaikumussalam wr wb
Hai Tio,
Pertanyaan 1 :
Out of memory bisa disebabkan oleh banyak hal tergantung proses yang dilakukan,
antara lain :
1. Proses copy suatu range yang cukup luas dan banyak (berulang) tapi tidak
disertai application.cutcopymode=false setelah proses paste dilakukan.
    > disiplinlah menambahkan baris Application.cutcopymode=false setelah
proses paste
2. Proses pengambilan data melalui data connection (fitur get external data)
dengan jumlah records yang sangat banyak.
    > perbaiki query dan kurangi jumlah records yang harus diambil.
3. Terlalu banyak workbook yang dibuka dalam 1 (SATU) instansi aplikasi Excel.
INGAT, Excel bisa dibuka dalam beberapa instansi aplikasi. Artinya, jika 1
instansi Excel diberi ijin menggunakan RAM 2GB, maka jika ada 2 instansi Excel,
maka 2 buah Excel itu dapat menggunakan RAM 4GB (bila RAM mencukupi). Dalam
setiap instansi Excel bisa dibuka banyak workbook.
    > Mulailah mengurangi kebiasaan membuka workbook yang terlalu banyak,
apalagi link formula antar workbook.
Pertanyaan 2 :
1. kenali proses yang dilakukan, apakah proses tersebut membutuhkan banyak
memory atau tidak.
> Kalau ambil data dari database sebanyak 50juta records berarti besar kan,
> maka pasti ada potensi out of memory, jadi gak usah ambil segitu banyak.
> Jumlah records maksimal yang bisa diambil sampai muncul out of memory tidak
> dapat dipastikan karena tergantung jumlah kolom dan tipe data setiap kolom.
> Kalau copy suatu range, bisa diketahui luasannya bukan ? Kalau kira-kira
> sangat luas dan banyak berisi data (termasuk formula), berarti ada potensi
> akan out of memory jika dilakukan berulang-ulang.
2. Khusus untuk kegiatan Copy suatu range, segera beri baris
application.cutcopymode=false begitu proses selesai.
> misal copy range A1:Z99999 lalu di paste values ke range BB1, maka karena
> dikuatirkan bisa menyebabkan out of memory, maka setelah proses paste values
> diberi baris application.cutcopymode=false
**** disetiap proses copy lalu paste ?  >>> TIDAK, hanya di copy lalu paste
yang memproses range yang luas dan dikuatirkan out of memory
**** kalau ada 1000 proses copy paste dan semuanya dikuatirkan out of memory
gimana ?  >>>> tambahkan baris application.cutcopymode=false di setiap proses
(berarti ada 1000 baris application.cutcopymode=false)
<simpel kan>

Pertanyaan 3 :
Tutup workbook-nya saja

Wassalamu'alaikum wr wb

tio.ad...@ptssb.co.id<mailto:tio.ad...@ptssb.co.id> [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:

Assalamu alaikum.
Lama tak jumpa dengan Master Excel (Mr.Kid dan teman-teman).
Mau tanya nih.

Saya buat program dengan vba excel tapi setelah di execute, terjadi out of
memory.

Pertanyaannya :

1.     Apa saja yang menyebabkan out of memory ?

2.     Bagaimana mendeteksi suatu coding yang menyebabkan out memory ?

3.     Bagaimana merelease memory untuk semua coding saya tanpa perlu release
memory satu persatu coding vba saya ?

Terima Kasih atas bantuannya.
Hanya Allah SWT yang membalas kebaikan Mr. Kid dan teman-teman semua.

Wassalam.
Tio

.

  • [belajar-excel] R... Tio Adi Bayu Adjie tio.ad...@ptssb.co.id [belajar-excel]