;)

Biasanya, buku tentang pivot table hanya berisi mengatur pivot table-nya.
Jadi saya gak punya referensi buku tentang pivot table.
Sedangkan yang dibutuhkan adalah mengatura tabel data yang baik, bukan
pivot table-nya. Buku tentang menata tabel yang baik belum pernah saya
temukan.
Andai adapun, umumnya tentang tabel yang baik dari sisi penyusunan
tabel-tabel di dalam database. Tidak ada pembahasan tentang penentuan kolom
yang dibutuhkan, karena cakupannya sangat luas dan general. Artinya,
semakin sering menyusun tabel sebaik mungkin sesuai kebutuhan masing-masing
akan jadi semakin jeli dalam memilih dan membuat kolom yang dibutuhkan.

Pembahasan tentang tabel data yang baik juga termasuk dalam menentukan
apakah tabel data perlu selalu dalam keadaan ter-sort atau tidak. Jika
harus selalu dalam keadaan ter-sort, maka kolom apa saja yang menjadi kunci
sort dan order setiap kolom kunci sort. Hal seperti ini tidak mudah untuk
ditulis menjadi sebuah buku. Belajar dari banyak kasus justru akan lebih
cepat.

Alangkah baiknya mempelajari fitur dasar Excel lebih dulu, seperti copy dan
paste termasuk paste special, excel table, autofilter, number format, sort,
remove duplicate, text to columns, dan goto (termasuk goto special), tentu
saja formula sederhana seperti if (termasuk iferror), kelompok lookup
(termasuk index match). Dengan bekal fitur dasar ini saja, maka akan punya
modal yang lebih dari cukup untuk bisa mencoba menyusun tabel yang baik
sesuai kebutuhan.

Kalau sudah jadi tabel yang baik yang sesuai kebutuhan, maka pivot table
cukup bisa buat pivot table dan meletakkan fields ditempat yang disukai
apalagi dibutuhkan. Tidak perlu belajar rumit tentang pivot table.

Regards,

          • Re: [bela... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
          • Re: [bela... Iwan Setiawan iwel...@yahoo.com [belajar-excel]
            • Re: ... Iwan Setiawan iwel...@yahoo.com [belajar-excel]