Dear Bapak Susilo;

Sekedar Usulan pak...

File nilai anda sebaiknya hanya 8 sheet saja.
sheet1 untuk data
sheet2 untuk tabel referensi
sheet3 untuk input KI 1 dan KI 2 (sheet ini bisa digunakan untuk seluruh mapel (28 mapel)karena sheet ini menyimpan datanya di sheet data) sheet4 untuk input KI 3 (sheet ini bisa digunakan untuk seluruh mapel (28 mapel)) sheet5 untuk input KI 4 (sheet ini bisa digunakan untuk seluruh mapel (28 mapel)) Sheet6 untuk Report KI 3 (sheet ini bisa digunakan untuk seluruh mapel (28 mapel)karena sheet ini membaca dari di sheet data) sheet7 untuk Report KI 4 (sheet ini bisa digunakan untuk seluruh mapel (28 mapel)
Sheet8 untuk Report NIlai Raport

atau mungkin lebih simpel lagi tidak dibedakan antara sheet input dan sheet report, maksudnya sheet input menjadi sekaligus sheet report (karena guru-guru di sekolah saya masih gaptek seperti saya,
sehingga dibuat tidak banyak form) sehingga hanya dibutuhkan 5 sheet saja,
atau lebih bagus lagi kalau datanya disimpan di file lain.

Sebelum saya belajar excel bersama Mas Kid, Mas Dwint, Pak Hendrik, Mas Aliif dan semua member B-excel lainnya, saya membuat nilai untuk setiap KI dan kelas dibuat 1 sheet karena setiap data langsung disimpan dalam form output seperti milik bapak susilo. Total sebuah file nilai berisi 24 kelas X (KI12 + KI3 + KI4 ) X (input + report) = 144 sheet dengan setiap sheet memiliki banyak conditional formating dan format lainnya sehingga 1 file besarnya 5MB, file tersebut terasa sangat lamban jika diisi. (saya juga membayangkan file pak Susilo yang terdiri dari (sheet KI1&2, sheetKI3, SheetKI4)X26 mapel=72 sheet)

Setelah data saya pisahkan,  input dan report saya jadikan satu (total hanya 5 sheet), maka  besar filenya hanya 300KB (15 kali lebih kecil)
dan pengisiannyapun menjadi lebih cepat

Salam

NangAgus