Wa'alaikumussalam wr wb

Mas Nang,

1. sheets*(Index*) bagaimana urutan index?
    > mengikuti urutan yang ada di tab sheet.
    > jika user mengubah urutan di tab sheet, maka berubah juga urutan
index-nya

2. Kesimpulannya lebih aman menggunakan nomor index atau menggunakan nama
Sheet?
    (dengan asumsi user dapat mengubah urutan sheet maupun mengubah nama
sheet)
    > Tidak ada yang aman.
    > Andaikan code name di workbook tersebut telah dibuat secara khusus
(seperti Dat, ShDp, dan sebagainya), mungkin akan lebih aman jika
menggunakan variabel object sheet ataupun collection
    > misal Code name di workbooks("Lain yang baru saja dibuka oleh
VBA.xlsx") adalah ShDp dan Dat,
       maka bisa dibuatkan variabel shtDP dan shtDAT bertipe worksheet atau
variabel array shtDIPAKAI(1 to ) [kalau pakai base 1] atau pakai object
Collection

Pakai contoh saja ya...
Pilih salah satu dari 3 (tiga) cara berikut yang paling mudah dipahami dan
nyaman digunakan...

​
Wassalamu'alaikum wr wb

  • [belajar-excel] K... nangagus nanga...@gmail.com [belajar-excel]