Hai Saputro,

Tentang :
1. Bisakah untuk show/hide field list pada pivot di buat veryhiden ? supaya
reportnya tidak bisa di utak atik oleh user lain
> Sekadar menonaktifkan ribbon untuk show/hide field list :
   Cara 1 : pakai custom ui tanpa VBA
   Cara 2 : pakai VBA (tapi tidak berguna jika user mengatur security macro
menjadi disable)
   Cara 3 : pakai custom ui dan VBA (tapi tidak berguna jika user mengatur
security macro menjadi disable)
   *** Context menu untuk show/hide field list bisa sekalian diatur
   *** Ingat, sekadar untuk mempersulit saja, BUKAN mencegah.
   *** Untuk mengubah layout pivot table bisa dengan Expand (menambah
field) lalu setelah itu di drag n move

> Mencegah user mengubah layout :
   1. sediakan tombol refresh -> isi dengan script untuk refresh dengan
urutan proses : unprotect sheet -> refresh pivot -> protect sheet
   2. protect sheet
   *** Jika user men-disable security macro, maka user tidak bisa refresh.

2. Pada tabel pivot, biasanya kalau di double klik di salah satu amountnya,
maka excel langsung mengarahkan ke source dari angka tsb. Apakah ini bisa
di non aktivkan ? saya sudah coba dengan protect cell, hanya saja ketika
melakukan refresh, macronya tidak dapat berjalan.
> Pivot table options -> tab Data -> hilangkan centang dari Enable Show
Detail
   *** tapi user bisa mencentang sendiri
> Pakai VBA : event before double click -> set Cancel menjadi bernilai false
   *** tapi tidak berguna jika user mengatur security macro menjadi disable

imho,
Bagaimana jika kembali ke konsep dasar :
1. Ada sebuah report template berisi seluruh layout pivot table yang resmi
(sah sebagai report)
2. user lain hanya diberi hak copy, bukan hak write ke file report template
3. user boleh meng-copy report template ke komputernya sendiri dan mengubah
sesuka hatinya, tetapi itu tidak resmi (tidak sah)
4. semua report resmi adalah yang dihasilkan report template (bukan buatan
user dengan file copy-an milik user)

Kebiasaan pengguna Excel :
ada 1 file buatan si A di komputer X, maka si B, C, D bisa buka file buatan
si A dikomputer X.
akhirnya si A berpusing ria memikirkan caranya memproteksi si file
buatannya agar tidak diubah si B,C,D. (buang-buang energi).

Padahal, simpel saja...
Hai B, C, D, Anda sekalian tidak bisa membukanya, apalagi mengubahnya.
Jika Anda sekalian ingin mengubahnya, maka saya berikan hak copy. Anda
boleh meng-copy file tersebut. Lalu Anda ubah sesukanya di komputer Anda
sendiri.
Tapi ingat ya... syarat dan ketentuan berlaku... rilis resmi tetap dari
saya.

hehehe...

Regards,

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

> [...]
> ini bisa di non aktivkan ? saya sudah coba dengan protect cell, hanya saja
> ketika melakukan refresh, macronya tidak dapat berjalan.

  • [belajar-excel] S... Stephen Saputro stephensapu...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
      • Re: [bel... Stephen Saputro stephensapu...@gmail.com [belajar-excel]

Kirim email ke