Terima kasih atas responnya dari Mr. HK dan Mr. Kid.

Dari kasus saya dbi, ada yang bilang begini :

> Coba buka file2 dari windows explorer -> setelah terbuka, ke menu File ->
> pilih Open -> pilih file1 -> tekan Open -> File1 terbuka

> setelah itu ke file2 dan coba buat formula...

Ternyata itu bisa (formulanya bisa dibuat). Aseeeeekkk…..

Hmmm, tapi koq ribet yah. Gak seperti buat formula pada umumnya….(-_-)

Eh, tapi dia juga bilang seperti ini:

> [...]

> open -> klik kanan item default -> modify -> hapus bunyi "%1" (termasuk
> petiknya dihapus)

> Kadang-kadang, item Command, di-rename jadi CommandN (N bisa berupa bilangan
> positif)

> Seringnya, di folder shell juga ada folder ddeexec, nah folder ini juga
> direname jadi ddeexecN (N bisa berupa bilangan positif)

> Cari juga ekstensi Excel file lainnya, seperti cari Excel.Sheet.8 untuk file
> .xls, atau Excel.SheetBinaryblabla.12 (.xlsb) atau Excel.SheetMacrobla.12
> (.xlsm), dan sebagainya, kemudian lakukan proses di folder shell dan ddeexec

Semua nama folder Command di SubFolder yang berbau “Excel” saya rename menjadi
CommandN begitupun ddeexec menjadi ddeexecN. Dan karakter “%1” sudah saya hapus
di folder... Setelah melewati sekian banyak folder akhirnya, Alhamdulillah
selesai.

Begitu mau berexperimen eeeeh, aplikasi Excel jalan dua di Task Manager.

Ampyuuuun…….

Wassalamu’alaikum Wr,Wb.

Salam,

DD