Salam B-Exceller,
Ketika membuat database dengan VBA Excel, saya terdapat error. Bunyi error
tersebut adalah karena kekurangan memory.
Pertanyaannya :

1.       Ketika setiap membuat command dengan VBA excel, bagaimana cara
mengetahui berapa memory yang terpakai untuk setiap procedure ?

Yang saya dapat dari internet adalah dengan klik Ctrl+Alt Del untuk menimbulkan
Task manager. Tapi saya tidak  tahu dibagian mana yang menunjukkan penggunaan
memory yang sudah terpakai ?

Ini screenshot dari task manager.

[cid:image002.jpg@01D411E4.8C5E8F50]

2.       Bagaimana cara mengurangi penggunaan memory dalam pembuatan database
dengan basis VBA ? Karena issue ini selalu muncul saat membuat database excel
dengan basis VBA.

3.       Apakah dengan beralih ke database excel dengan code SQL akan lebih
baik dibanding pakai VBA karena akan mengurangi penggunaan memory ? Kalau
benar, bagaimana untuk mulai belajarnya dalam pembuatan database excel dengan
basis SQL ?

4.       Dalam setiap procedure, setiap variable sebaiknya di deklarasikan
dulu, seperti dim a as integer. Permasalahannya, kalau semua variable di
deklarasikan di paling atas setelah Option Explicit, apakah akan mengurangi
penggunaan memory ?

5.       Bagaimana cara mengurangi ukuran (kapasitas) file excel yang
didalamnya  terdapat database dengan basis VBA ? Dalam database yang sekarang
saya buat, hanya 1 aplikasi dengan beberapa code, tapi ukuran file sudah
mencapai 18 MB.

6.       Kalau kita membuat command button dengan memasang picture di backround
button itu dari picture dari internet atau local computer, apakah command
button yang terdapat picture itu akan meningkatkan penggunaan memory sekalipun
ukuran picture itu sangat kecil, hanya beberapa kb, seperti 25 kb ?

7.       Saya membuat code VBA untuk membuat background warna untuk baris
dengan 18 kolom. Yang saya baca dari internet, untuk mengurangi penggunaan
memory, sebaiknya dengan menggunakan conditional formatting. Pertanyaannya,
bagaimana cara membuat conditional formatting untuk membuat background warna
untuk suatu baris yang bisa mengurangi penggunaan memory ?

8.       Yang saya tahu bahwa untuk mengurangi penggunaan memory,  maka harus
mengurangi formula atau link. Kalau dalam kasus dimana wajib menggunakan
formula, bagaimana tips untuk menggunakan formula yang bisa mengurangi memory ?

9.       Apakah formula seperti vlookup, match, akan meningkatkan memory
dibanding menggunakan index, offset ?

Terima kasih atas jawabannya. Semoga Allah membalas kebaikannya..
Best Regards,
Tio

  • [belajar-excel] M... Tio Adi Bayu Adjie tio.ad...@ptssb.co.id [belajar-excel]

Kirim email ke