Formula di kolom hasil : (kolom A jadi acuan)
1. Jika seluruh kolom nilai yang dibutuhkan dalam kalkulasi di setiap baris
ada selalu ada isinya :
    =IF(A1="bb",E1+B1+D1,"")

2. Jika kolom E tidak selalu terisi
   a. Berdasar kolom A yang bernilai teks 'e' :
       > ubah formula, dari E1 menjadi  LOOKUP(2,1/(A$1:A1="e"),E$1:E1)
   b. Berdasar nilai kolom E yang terakhir ada
       > ubah formula, dari E1 menjadi LOOKUP(9^9,E$1:E1)

3. Jika kolom B yang kosong berarti memiliki nilai yang sama dengan nilai
terakhir yang ada
   > ubah formula, dari B1 menjadi LOOKUP(9^9,B$1:B1)

4. Jika kolom D yang kosong berarti memiliki nilai yang sama dengan nilai
terakhir yang ada
   > ubah formula, dari D1 menjadi LOOKUP(9^9,D$1:D1)

Jika tidak ada kolom acuan alias setiap record menggunakan nilai terakhir
yang ada, formula dasarnya adalah sesuai kebutuhan (misal)
     =E1+B1+D1
lalu sesuaikan setiap kondisi seperti contoh di atas sesuai kebutuhan

Regards,
Kid

On Thu, May 23, 2019 at 6:36 AM Bayu Prasaja prasaja_sat...@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> Sebenernya yg kosong di kolom B C D dan E itu ada angkanya si mas, cuma
> saya hapus di lampiran, takutnya bikin bingung hehe, yang paling stabil n
> bisa dijadikan patokan nilai dikolom A itu mas, mknya saya pgnya patokannya
> berdasarkan value dikolom A itu mas hehe

> [...]

Kirim email ke