Cells kosong by default akan setara dengan berisi 0 (jika bertipe numerik,
berlaku di dalam Excel worksheet saja) atau nullstring (seperti hasil
formula ="", jika bertipe text, berlaku di Excel worksheet maupun di VBA)..

JIka saat ini cells kosong menghasilkan 0000, kemungkinan besar Anda
menggunakan formula Text atau IF (di Excel worksheet) atau dengan fungsi
Format atau blok IF (di VBA).
Jika Anda menggunakan formula IF (di Excel worksheet) atau blok IF (di
VBA), tentu hal ini tidak menimbulkan masalah, karena Anda lebih mengenal
bagian yang harus disesuaikan.
Jadi, kemungkinannya adalah Anda menggunakan formula Text (di Excel
worksheet) atau fungsi Format (di VBA).

1. Jika Anda menggunakan fungsi Format di VBA dan hasil cells kosong adalah
0000, maka bunyi script Anda kira-kira begini :
             format( clng( alamat_cells.value ) , "0000" )
    supaya 0000 pada cells kosong berubah menjadi spasi 4 karakter, maka
bunyi tersebut diproses lebih lanjut dengan replace, sehingga berubah
menjadi :
             replace( format( clng( alamat_cells.value ) , "0000" )  , 0 ,
" " )

2. Jika Anda menggunakan formula Text Excel Worksheet yang secara default
cells kosong akan setara nilai 0 dan menjadi 0000, maka bunyi formula Anda
kira-kira begini :
             *=text(alamat_cells,"0000")*
    kalau bunyi formula ini dipasang dengan VBA, maka sebuah karakter " (1
bijik karakter petik dua) harus diubah menjadi "" (2 bijik karakter petik
dua) :
             cells_target.formula= *"=text(alamat_cells,""0000"")"*

    Jika Anda mempelajari number format sebuah cells Excel, maka part dalam
number format adalah :
             format_nilai_positif ; format_nilai_negatif ; format_nilai_nol
; format_teks

    Dengan kaidah number format tersebut dan juga default cells kosong
adalah 0 ketika bertipe numerik (default cells Excel adalah bertipe numerik
Double),
    maka bunyi format yang dibutuhkan untuk menghasilkan spasi 4 karakter
ketika cells berisi nilai 0 atau kosong, dan menghasilkan 4 digit angka
ketika cells berisi nilai selain 0 atau selain kosong :
                      0000;;"    "

    Jika format ini digunakan dalam formula Text, menjadi : (ingat, setiap
1 bijik karakter petik dua yang ada di dalam blok petik dua lainnya harus
[...]

Regards,
Kid

  • Re: [belajar-e... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [bela... Andre Rahmaidy andree_bpdsum...@yahoo.co.id [belajar-excel]