> 1. Apakah dalam penyusunan power pivot, penempatan salah satu field dari
> beberapa table ke bagian values pivot adalah suatu keharusan ?

> bisa iya dan bisa juga tidak
> semua itu tergantung model data yang dipilih
> model data yang dipilih tergantung karakteristik data dan karakteristik
kebutuhan output
> daripada puyeng, untuk awalan, pilih model data yang sederhana saja,
yaitu :
     1 (satu) tabel utama [biasa disebut fact table] yang berisi seluruh
nilai yang dibutuhkan output
     banyak tabel referensi [biasa disebut dimensi] dari setiap part yang
ada di tabel utama
   susunan sederhana ini sering disebut star-schema
> simpelnya begini, buat saja dulu manual, 1 tabel berisi seluruh kolom
yang dibutuhkan output
   dari satu tabel utama itu akan tampak, kolom mana saja yang bisa
dijadikan dimensi

2. Kalau iya, apa kriteria pemilihan field yg diletakkan di bagian values ?
> Apakah field yg harus isinya lengkap data (tidak ada cell blank) atau
> bagaimana ?

> kriterianya adalah karena dibutuhkan
> jadi, ketika pemilihan model datanya sudah sesuai dengan kebutuhan
output, secara otomatis akan terbentuk dengan sendirinya field yang memang
dibutuhkan output untuk diletakkan dibagian values. Namanya Measures
> nah... kalau kasus Anda bisa selesai setelah ada yang dimasukkan ke
bagian values, padahal harusnya tidak butuh, berarti model data yang
dipilih masih kurang sesuai dengan kebutuhan
> simpel kan...

3. Terkait pertanyaan saya kemarin, dalam load data ke query utk
> penggabungan data, sebaiknya pilih object sheet atau object xltable /
> dua2nya ?

> tergantung kebutuhan
> yang jelas, object xltable hanya berisi nilai-nilai yang dimiliki oleh si
xltable. object sheet bisa berisi banyak nilai, bahkan bisa berisi object
xltable juga.
> jadi kebutuhannya apa, dan ambilah sesuai kebutuhan (seperlunya) untuk
maslahat

hmmm...
rasanya, jawabannya mbulet dan mengambang ya...
tapi kalau pertanyaannya demikian, memang jawabannya ya harus demikian...

Regards,
Kid

On Tue, Jul 23, 2019 at 1:19 PM Eira I Arie cheivory_bri...@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> [...]
>

> Pertanyaan :
>
> 1. mengapa dalam proses import query terdapat pilihan table (padahal file
> data 01 hanya ada 1 excel table (datamhs), muncul "duplikasi" bernama
> datamhs1  ? Demikian pula waktu saya nambahkan query dari sumber data file
> 02 dan 03 juga terdapat semacam duplikasi table .
>
> 2. apa bedanya (kegunaan) power query dengan power pivot ?
>
> 3.. Mohon petunjuk langkah-langkah pembuatan power query dan power pivot
> sesuai case saya.
>
> 4. Saya memakai office 2016
>
> mohon kiranya dapat memberikan bimbingan.

  • Re: [belajar-excel] ... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
    • Bls: Re: [belaj... Eira I Arie cheivory_bri...@yahoo.com [belajar-excel]
      • Re: Re: [be... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
        • Re: [be... Eira I Arie cheivory_bri...@yahoo.com [belajar-excel]