Begini :

1. Jika regional setting komputer boleh berubah, ubahlah jadi regional
setting Indonesian
    *** penulisan formula di regional setting indonesia menggunakan
karakter ;
2. Jika regional setting tidak boleh berubah, tetapi Excel harus SELALU
menampilkan dalam locale Indonesia
    > Excel Options -> Advanced -> bagian Editing Options -> hilangkan
centang dari Use system separator -> isi karakter pemisah ribuan dan
desimal sesuai kebutuhan -> OK
    *** jika desimal dan thousand separator yang diisi sama dengan salah
satu locale yang ada, maka penulisan formula menggunakan karakter yang
sesuai locale yang sama tadi
    *** contoh : jika thousand diisi titik, desimal diisi koma, artinya
sama dengan locale indonesian, maka list separator akan mengikuti local
indonesian, yaitu karakter titik koma
3. Jika hasil boleh bertipe text (karena hasil cell berformula tidak akan
dipakai atau dirujuk oleh formula lain), bisa pakai formula text lalu di
substitute decimal dan thousand separatornya

=Substitute(Substitute(Trim(Substitute(Text(nilainya,"#,##0."&Rept("#",12)),".","
")),",",".")," ",",")

  • [belajar-excel] M... Cari Kebenaran cahayailm...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
      • Re: [bel... Cari Kebenaran cahayailm...@gmail.com [belajar-excel]