Wa'alaikum salam wa rahmatullah wa barakatuh ....

Berkata Syaikh Fahd bin Abdurrahman Asy Syuwayyib,
"Menyentuh wanita dengan tidak syahwat, tidak membatalkan wudhu'." (Sifat
Wudhu' Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam, Fahd bin Abdurrahman Asy
Syuwayyib, Terj. Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Darul Qalam, Jakarta, Cet. V,
2004 M, hal. 131)

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, berkata, "Sesungguhnya Rasulullah
shallallahu'alaihi wa sallam pernah melaksanakan shalat, sedangkah aku
terbentang di hadapannya sebagaimana terbentangnya jenazah, sehingga apabila
ia mau sujud, disentuhnya kakiku lalu aku lipatkan kakiku." (Muttafaq
'alaihi).

Dari 'Aisyah radhiyallahu'anha berkata, "Pada suatu malam aku kehilangan
Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam (dari tempat tidurnya), kemudian aku
mencarinya sambil tanganku meraba raba, tiba tiba tanganku menyentuh kedua
(telapak) kakinya, sedang kedua kakinya dalam keadaan ditegakkan ketika
beliau sujud." (HR. Muslim 3 : 203 dan Nasa'i 1 : 101).

Kemudian Syaikh berkata
"Dari dua hadits di atas jelaslah bagi kita bahwa menyentuh itu sendiri
tidak membatalkan wudhu'. Wallahu'alam." (Idem. hal.133)

Wassalamu'laikum

Chandraleka
Independent IT Writer
Visit http://come.to/digitalworks