Wa'alaikum salam wa rahmatullah wa barakatuh ....

Pertama saya ucapkan,

Barakallaahu laka wa baraka 'alaika wa jama'a bainakuma fii khair.
Saya tidak tahu mana mana dari lafazh tersebut yang dipandang sah / ringkas
menurut Islam. Saya mau memberikan masukan tentang masalah groginya ini....
:)

Suatu ketika saya menghadiri akad nikah seorang teman. Dari KUA nya ternyata
punya trik tersendiri untuk mengatasi pengucapan lafazh dari calon suami.
Yaitu dengan menuliskannya pada secarik kertas. Jadi si calon suami cukup
membaca kalimat kalimat yang ada pada kertas tersebut. Dalam hati saya
tersenyum, KUA nya trik nya boleh juga. Tetapi saya punya pertanyaan
lanjutan tentang hal ini. Yaitu

Apakah boleh / dipandang sah mengucapkan kalimat / lafazh lafazh ijab qobul
dengan membaca tulisan seperti pada kejadian yang saya paparkan?

Oya, untuk doa yang dibaca saat mendatangi istri adalah
Allahumma jannibnasy syaithaan wa jannibisy syaithan ma razaqtana.

Lebih jauh baca buku Adab Az zifaf karya Syaikh Albani. Dan doa tersebut
dibaca oleh si suami saja. bukan oleh istri.

Wassalamu'alaikum

Chandraleka
Independent IT Writer

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Insya Allah saya akan melangsungkan pernikahan dalam bulan ini. Namun
sebagai orang yang masih awam ingin bertanya mengenai kalimat yang diucapkan
oleh calon suami pada saat Ijab Qobul. Ada yang cukup mengatakan: "Saya
terima nikahnya dan kawinnya sipulan binti pulan dengan mas kawin tersebut
tunai" ada juga yang mengatakan "Saya terima nikahnya dan kawinnya sipulan
binti pulan dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan perhiasan seberat
.....gram tunai". Mana dari dua kalimat tersebut yang benar dan ringkas?
Kekhawatiran timbul apabila diucapkan ulang mas kawinnya menjadi grogi atau
salah ucap. Mohon Doa yang diucapkan pada saat mendatangi/bercampur dengan
Istri. Jazaakallah khoir

Wassalaamu 'alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh

Sudahkah Anda membaca Al Qur'an hari ini?
Sudahkah Anda membaca sebuah hadits hari ini?

Islam video Islam book Islam matrimonial
Islam Islam empire of faith Islam music

YAHOO! GROUPS LINKS

Kirim email ke