Wa'alaikum salam ...

Kita perlu ketahui bahwa untuk menuduh / mentakyin /melabeli seseorang itu
ahlul bid'ah, bukanlah perkara yang mudah. Orang tersebut harus mempunyai
ilmunya terlebih dahulu. Diantaranya harus tahu ciri - ciri ahlul bid'ah.
Dan bukan sekedar tahu ciri cirinya saja. Perlu pengetahuan yang dalam.
Nggak bisa sembarangan. Selanjutnya bila akan memberi label bahwa seseorang
itu ahlul bid'ah, maka harus menasehatinya dulu. Dan juga bukan sekali dua
kali saja menasehatinya. Ini pun perlu proses yang panjang lagi. Dan tidak
sembarangan.
Juga perlu diingat, bahwa seseorang yang terlihat melakukan perbuatan bid'ah
itu tidak bisa langsung dituduh dia itu ahlul bid'ah. Contoh yang sederhana,
bila ada seorang yang memukul bedug, maka apakah harus dituduh dia itu ahlul
bid'ah? Tentu saja tidak, tunggu dulu. Nggak bisa sembarangan. Kalau
sembarangan, bisa jadi ada jutaan ahlul bid'ah di negeri kita ini....

Akhirnya, bila para ulama telah menjelaskan bahwa seseorang itu ahlul
bid'ah, maka barulah dikenakan konsekuensi konsekuensi sebagai ahlul bid'ah.
Diantaranya, tidak dijawab salamnya, dst.

Ya, dari sini pentingnya seseorang itu menuntut ilmu secara terus menerus.
Jadi tidak sembarangan menetapkan seseorang sebagai ahlul bid'ah.

Wassalamu'alaikum

Chandraleka
Independent IT Writer

["Dan barang siapa yang memelihara kehidupan SEORANG manusia,
maka seolah - olah dia telah memelihara kehidupan manusia SEMUANYA" (Al
Maidah : 32)]