Wa'alaikum salam wa rahmatullah wa barakatuh ...

Yang saya tahu dari debat debat antar faham / lintas faham, hasil akhirnya
masing masingnya tetap berpegang pada fahamnya sendiri sendiri, seperti
sediakala sebelum terjadi debat. Karena untuk mencabut keyakinan seseorang
itu tidak mudah.

Saya pernah omong omong dengan seorang 'pendeta', saya kritik bahwa di dalam
Bible terdapat banyak sekali ayat ayat yang berbau pornografi dan vulgar.
Dia sendiri membenarkan. Dan saya tanya lagi, bagaimana bila anak anak Anda
yang masih kecil membaca Bible dan sampai pada ayat ayat tsb? Dia katakan
dengan terdesak, "Ya, jangan sampai mereka tahu!? Ini buat yang sudah dewasa
saja !!??"

Dari itu saya melihat, bahwa si 'pendeta' itu sendiri mengakui bahwa itu
satu point kelemahan dari Bible nya. Tetapi dia tidak bergerak dari
keyakinannya....

Untuk pertanyaan nomor 2.
Kalau ada pertanyaan, 'kenapa shalat subuh itu 2 raka'at, dan kenapa shalat
maghrib itu 3 raka'at, kenapa shalat itu harus menghadap kiblat? Dll.

Jawabnya : Karena memang begitu yang dimaui oleh aturan Islam.
Ada bagian bagian dari syari'at Islam yang kita manusia bisa melihat hikmah
dari aturan tersebut. Misalnya tentang pengharaman khamr karena bisa
menyebabkan kerusakan tubuh dan juga menyebabkan kejahatan di masyarakat.
Tetapi ada juga bagian bagian dari syari'at Islam yang memang kita tidak
mengetahui hikmah dari aturan tersebut. Seperti beberapa pertanyaan di atas.

Yang baik bagi kita sekarang adalah bila memang sudah jelas demikian aturan
Islam maka kita laksanakan semampu kita tanpa perlu memikirkan apa maksud /
hikmah dibalik aturan tersebut.

Wassalamu'alaikum

Chandraleka
Independent IT Writer