Sebetulnya pertanyaan Anda itu masih terlalu umum.
Apa yang Anda lakukan terhadap bapak Anda sebagai bentuk berbakti kepadanya
sehingga ibu Anda merasa sakit hati?

Tetapi terlepas dari itu semuanya, secara umum pula, Anda wajib berbakti
kepada kedua orang tua. Baik kepada bapak dan juga kepada ibu.
"Dan sembahlah Allah dan janganlah menyekutukan Nya dengan sesuatu, dan
berbuat baiklah kepada kedua ibu bapak, ..." (QS. An Nisaa: 36).

Bila orang tua menyuruh berbuat dosa / kemungkaran, maka anak tidak wajib
untuk taat.
Kemudian Anda harus bisa menjembatani antara ibu Anda dengan bapak Anda.
Lakukan pendekatan yang baik kepada keduanya.
Jangan lupa untuk tetap berdoa dan mendoakan buat kedua orang tua. Baik juga
bila sekali waktu Anda memberi infak atau shadaqah atau hadiah buat orang
tua.

"Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka infakkan. Jawablah, "Harta
yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu bapakmu, kaum kerabat,
anak anak yatim, orang orang miskin dan orang yang sedang dalam perjalanan.
Dan apa saja kebajikan yang kamu perbuat sesungguhnya Allah maha
mengetahui." "(QS. Al Baqarah: 215).

Wassalamu'alaikum

Abu Isa Hasan Cilandak
al Faqir ila Allah