From: bicara@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Ikhwan Sopa
Sent: Tuesday, May 08, 2007 10:17 PM
To: bicara@yahoogroups.com
Subject: [Bicara] Re: Semangat mudah patah

PT. AJ Central Asia Raya
***********-***********

Mbak Rika,

Menurut konsep law of attraction, katanya sih gini.

Semangat itu ada hubungannya dengan tiga aspek penting.

1. Daya Tarik Goal

Ini kata orang disebut visi. Jadi Mbak harus jelas dan detil banget
tentang apa yang jadi target Mbak. Sedetil mungkin, malah disuruh
tertulis kalo kata pakar. Khayalin, impiin. Nanti jadi desire. Kalo
udah jadi desire, suntik dengan emosi. Jadi mengkhayalnya udah pake
esmosi. Nanti jadi faith.

2. Daya Tarik Pikiran

Pikiran yang tepat akan menarik fisik untuk bergerak. Jadi mindset
harus benar. Kalo Mbak bilang "patah semangat", cobalah ditest lagi,
apa benar semangatnya patah? Jangan-jangan cuman kelesuan sementara.
Itu mah biasa. Ini disebut dengan upaya "manifesting"-.

Caranya, dengan memahami bahwa bermimpi dan berkhayal saja tidak
cukup. Itu mindset yang mendasar. Mengapa? Karena goal dan desire
Mbak masih virtual belum real.

Menangani urusan virtual ini, caranya gini: Get in, Feel Good, Get
out. Get in itu mulai dari visi, sampai desire. Feel good itu faith.
Membayangkan visi tidak lagi sebagai beban atau target, melainkan
sebagai "being" yang nikmat. Ini namanya mulai allowing.

Setelah itu, ini yang penting, GET OUT! Kembali ke dunia nyata, dunia
kerja. Jadi nggak keterusan mengkhayalnya. Yang bisa membuat begini,
adalah mindset tentang kerja keras, belajar, gagal, salah, takut,
terlalu menuntut dan sebagainya.

Sering-sering baca biografi orang sukses. Nanti Mbak ketemu fakta
bahwa, setiap kesuksesan MUTLAK menuntut:

- Kerja keras,
- Selalu belajar,
- Pernah atau sering gagal (ada yang sampe ribuan kali),
- Pernah atau sering salah,
- Pasti merasa takut (ini wajar dan manusiawi),
- Mengadjust tuntutan, dan sebagainya.

3. Energi

Apa yang tidak akan hilang dari alam semesta adalah energi. Kalo Mbak
merasa sedang "patah semangat", sebenarnya itu adalah energi yang
menjadi negatif karena gesekan-gesekan kendala dan hambatan.

Energi itu netral, tergantung kita merasakannya. You can always being
in pain, but you dont have to suffer all the time. Being suffer
without suffering. energi negatif, itu sebenarnya adalah "energi yang
kerasanya negatif".

Jadi, ini soal perasaan dan bukan tentang energi itu sendiri. Tinggal
gimana merubah perasaan. Dan ini nggak terlalu sulit. Mbak jingkrak-
jingkrak aja udah lumayan kan?

Cara yang lebih sistematisnya, kembali lagi ke langkah 1 dan 2,
lihatlah bagaimana orang yang JAUH lebih sukses dari Mbak, ternyata
JAUH lebih menderita.

Mbak mau sukses sampe mana? Sesuai hukum atraksi, susah itu syarat
mutlak. Makin hebat dan besar cita-cita, pasti makin sulit dong.

Tapi kalo daya tarik cita-cita itu luar biasa besar, dan daya tarik
pikiran Mbak atas tubuh fisik juga benar, setiap kali kita jatuh atau
patah semangat, kita bisa berkata, "Ah memang belum saatnya kok, coba
lagi deh."

Manusia sukses seperti nabi aja pada benjut dulu kok. See? Susah itu
mutlak sebelum sukses.

Mulai sekarang, Mbak coba aja untuk berusaha keras memaksa pikiran
untuk menerima kenyataan susah ini. Kalo tidak bisa, maka pikiran dan
tubuh Mbak sibuk menolak kenyataan. Tapi kalo bisa, tubuh dan pikiran
Mbak akan berkata, "Ok deh kalo gitu. Trus gimana dong?"

Nah lho! Pertanyaan Mbak itu kan mengarah pada kreatifitas dan
solusi, ya nggak? Mbak bisa bangkit lagi.

Kalo terjadi lagi, tahap pertama Mbak cari pengalihan perhatian.
Nonton yang bagus, makan yang enak, baca yang inspiratif, posting dan
curhat di mari. Lakukan semua itu dalam konteks bersyukur.

Sampe kalimat terakhir di atas itu aja, Mbak pasti udah agak enakan.
Ya nggak?

Untung gua masih bisa nonton film!
Uyuhan abdi masih bisa nikmatin ini bakso!
Gile, bagus banget ini novel!

Dengan begitu, mood Mbak membaik. Dan kalo udah gitu, allowing Mbak
udah jalan. Selanjutnya, Mbak akan merasa ringan, sebab Mbak mulai
bisa melihat bahwa apa yang terjadi pada Mbak adalah proses alamiah
yang wajib Mbak rasakan dulu, sebelum sukses.

Sukses selalu,

Ikhwan Sopa

--- In HYPERLINK "mailto:bicara%40yahoogroups.com"[EMAIL PROTECTED], rika purba
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Salam kenal,
>
> Saya sudah lama gabung di milis ini. kadang saya pikir, kapan ya
saya bisa jadi orang edan ala mas Shopa ini. saya orangnya mempunyai
semangat tinggi, tapi semangat itu cepat padam bila sudah berhadapan
dengan yang namanya hambatan. akhirnya bantatlah sudah semuanya
seperti kue bolu yang tidak jadi, dan hasilnya pun tidak cukup
memuaskan.

> Bagaimana caranya supaya saya tetap semangat menjalankan sesuatu
hingga tuntas?
> Bagaimana menyikapi hambatan itu supaya semangat saya tetap
menyala?

> Terimakasih
>
> salam,
> Rika - jkt