Hari itu teman saya menyatakan sangat menginginkan kematian.

Nasihat dan kata-kata sudah tidak didengarnya lagi, hanya satu yang mungkin
akan didengarnya, bila
Alloh yang langsung mengatakannya. Sehingga saya berdo’a dengan penuh keyakinan
agar Alloh yang
kuasa membolak-balik hati umatnya untuk memberikan yang terbaik bagi teman saya.

Pada hari ini teman saya berceritera bahwa pada suatu malam dia bermimpi berada
pada lapangan yang
dikenalnya kemudian berjalan turun ke lapangan lain yang baru. Di lapangan yang
baru, bertemu orang
baru, ada yang ramah, ada yang tidak, ada yang biasa saja. Walaupun tidak ada
yang menolaknya
satupun secara terang-terangan tetapi satu hal yang dirasakannya adalah…tidak
diterima dan dianggap
aneh…dia merasa sangat terasing.

Terfikir bahwa mungkin ini proses adaptasi pada lingkungan baru maka sebaiknya
meminta petunjuk
Alloh sehingga dia mencari mushola saat sholat tiba. Mushola yang sempit
sehingga terpaksa sholat
bergiliran namun herannya sangat sedikit ikhwan dibanding akhwat yang memenuhi
kewajiban pada
Alloh.

Kembali ke lapangan baru, perasaan tidak diterima dan dianggap aneh tetap
melingkupi sehingga dia
putuskan kembali ke lapangan yang sudah dikenalnya. Namun dia sulit masuk, dia
kenali lapangan itu
tapi sulit masuk. Sementara kembali ke lapangan baru, tetap saja tidak diterima
dan dianggap aneh.

Dibanding kesulitan-kesulitan yang dialami saat di lapangan yang sudah
dikenalnya maka berada
diantara 2 lapangan lebih tidak jelas mau kemana tujuannya dan sampai kapan.
Sedangkan bila tetap
di lapangan yang dia kenal maka dia memiliki tujuan minimal menanti sampai
dipanggil/diundang ke
lapangan yang baru. Mengisi waktu penantian itu dengan hal-hal lebih baik
karena waktu yang
disediakan Alloh sangat sempit. Rasul saja hanya berusia 63 tahun.

Terbangunlah teman saya itu dengan satu keyakinan bahwa bunuh diri dengan cara
apapun adalah sama
dengan mendatangi satu tempat tanpa undangan resmi. Akibatnya akan
terkatung-katung dengan penuh
perasaan tidak karuan, entah sampai kapan. Lebih baik melarikan diri pada Alloh
dan meminta
pertolongan Alloh sekarang juga.

Saya tepana mendengarnya hanya dengan satu ucapan alhamdulillah. Setahun sudah
keinginan dia bunuh
diri muncul. Sepanjang waktu itu juga ayat suci, khutbah, nasihat psikolog,
bacaan inspiratif,
seminar motivasi, jalan keluar dari kesulitan hidup. Sama sekali tidak mengubah
keinginannya.
Bahkan setiap selesai usaha-usaha pencegahan justru terlihat malah menguatkan
keinginannya.

Namun pada hari ini atas kuasa Alloh semua berbalik 180 derajat padahal
kesulitan hidup masih
mengikuti dia. Motivasinya untuk hidup mulai tumbuh hanya karena tidak ingin
terkatung-katung,
mendatangi tempat dimana dia tidak memiliki undangan resmi untuk mengunjunginya.

Terlepas dari pendapat para pemikir, ahli agama, para ahli tentang dia atau
bunuh diri itu sendiri.
Saya menjadi lebih sangat yakin bahwa taufik hidayah hanya milik Alloh, hanya
Alloh yang dapat
memberikan. Sehingga menjadi amat sangat penting untuk selalu meminta limpahan
taufik hidayah Alloh
untuk diri kita sendiri dan orang-orang yang telah berjasa serta kita sayangi.

Salam,
Sentarinja

No virus found in this outgoing message. Bersih dari virus. Teu aya virusan.
Checked by AVG Free Edition.

No virus found in this outgoing message. Bersih dari virus. Teu aya virusan.
Checked by AVG Free Edition.

CATATAN PENTING:
Pastikan bahwa Anda mencerna semua hal di atas dengan penyesuaian kepada
sistem tata nilai yang Anda anut. Beberapa hal mungkin tidak sesuai dengan
tata nilai Anda, beberapa lainnya akan universal sifatnya. Tugas kami
hanya mengingatkan Anda. Mohon dimaklumi, ada file-file yang secara rutin
dikirim berulang 1 bulan sekali.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: