Salam Bung Ikhwan Sopa,

Saya senang kalau urang Indonesia punya cita-cita tinggi, biar ngga kalah sama
si Bule, kan kita waktu keluar sama-sama ngga pake popok?
Aye mau kasih semangat biar apa yang dicita-citakan oleh Bung Ikhwan Sopa kelak
menjadi kenyataan, alias diredhai Tuhan Yang Maha Esa.
Kenapa saya begitu tertarik pada E-mail ini, karena ada seorang wanita yang
sangat terkenal yang baru pulang dari menunaikan Haji tetapi yang banyak
menulis tentang bisnis online.
Siapa dia ? Dia adalah sahabat saya dari dunia maya, namanya :Hj. Anna Akhira,
Selamat mudah-mudahan menjadi Hajjah yang mabrur.

Salam
Djamhari Maskat

Ikhwan Sopa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Tips 176: Kalo Mau Ya Insya Allah Bisa-Bisa Aja

 Anda mungkin belum pernah mendengar ini. Saya punya cita-cita, dalam 3 sampai
10 tahun yang akan datang, menjadi motivator kelas dunia, dan memiliki sebuah
sekolah bisnis dan life coach yang juga berkelas dunia. Sementara ini, saya
belum bisa lebih jelas, lebih clear, lebih detil atau lebih terencana dari itu.
Jadi, ini masih mimpi. Seinget saya, kalo bermimpi memang gak perlu pelit.
Bermimpilah yang besar.
  Ini sudah saya utarakan kepada semua kerabat kerja saya. Mereka semua Insya
Allah mendukung saya. Saya juga sangat ingin, Anda semua pun mendukung saya.
 Belum banyak yang bisa saya lakukan untuk go international. Lha wong nasional
atau lokal aja masih megap-megap koq. Tapi ya itu tadi, mimpi harus besar.
Ngapain mimpi kecil.
 Dua hal kecil sedang saya garap untuk mewujudkan mimpi itu. Dua hal yang
menjadi tahap awal dari semua rangkaian mimpi yang Insya Allah menjadi
kenyataan.
 Pertama, saya sedang mencari co-trainer yang mampu berbahasa Inggris dengan
baik. Sebab, bahasa Inggris saya ancur-ancuran. Saya sendiri sebenarnya kurang
terampil dalam soal bahasa. Istri saya urang Sunda. Kami sudah menikah lebih
dari sepuluh tahun. Sampai detik ini, bahasa Sunda saya benar-benar pasif.
Mendengar saja, masih harus celingak-celinguk mengartikannya. Malah mending
bahasa Inggris karena sudah kenal lebih lama.
 Nilai TOEFL saya, cuman 550 (first try). Setelah itu saya tidak pernah secara
serius memperbaikinya. Saya lebih senang melakukan uji coba, baik dalam bentuk
tulisan maupun dalam bentuk lisan ala kadarnya. Suatu saat, keinginan untuk
lebih baik dalam berbahasa Inggris itu pastilah akan begitu kuat. Kita tunggu
saja.
 Anyway, jika Anda merasa fluent dalam berbahasa Inggris, dan Anda tertarik
untuk menjadi co-trainer saya, tinggal bilang. Mari keliling dunia bersama
saya. Mari kita E.D.A.N.-in manusia di seluruh dunia.
 Salah satu bentuk eksperimentasi gabungan saya dalam mencoba menjadi lebih
baik dalam berbahasa Inggris, adalah membuat sebuah blog dengan marketing niche
yang baru pertama kali ada di dunia. Silahkan lihat di sana, betapa
ancur-ancurannya bahasa Inggris saya. Cuek aja.
 Saat saya menjadi pejabat pemerintah dulu, saya sering bertemu dengan
orang-orang sukses dari Taiwan, Cina, Jepang, atau India. Tidak semuanya jago
bahasa Inggris. Saya sering bertemu dengan mereka yang justru lebih parah
bahasa Inggrisnya. Inilah yang membuat saya penasaran, mosok kita juga nggak
bisa sih?
 Apa yang saya pahami tentang mengejar sebuah kesuksesan, bukanlah tentang
capable semata, melainkan being able. Capable mungkin lebih berkonotasi intelek
atau terdidik melalui metode dan cara yang lebih ilmiah. Sementara being able,
lebih mencerminkan tentang eager dan kemauan kuat. Saya pikir, berdasarkan
berbagai fenomena kesuksesan dari orang-orang sukses, being able-lah yang lebih
berpengaruh besar.
 Benar-benar bisa itu penting. Merasa bisa, itu super penting. Banyak lho orang
yang sebenarnya benar-benar bisa, tapi hanya diam menikmati zona nyaman karena
merasa tidak bisa melangkah lebih jauh. Sementara itu, banyak sekali mereka
yang semula benar-benar tidak bisa, menjadi benar-benar bisa. Bedanya, ada pada
"merasa bisa". Tentu saja, itu bukan hanya tinggal perasaan, tapi perasaan yang
ditindaklanjuti alias inspired action. Carilah cara, agar Anda bisa menemukan
perasaan bisa itu.
 Kedua, saya mencoba nekat menulis artikel berbahasa Inggris. Kebetulan, dunia
internet sangat ramah untuk kepentingan ini.
 Dua hari yang lalu, saya mendapat kabar bahwa "artikel saya dalam bahasa
Inggris" ternyata diterima untuk dipublikasikan secara luas di sebuah situs
terkenal, yaitu Ezinearticles . Untuk apapun profesi Anda, situs ini bisa
menjadi pintu masuk buat Anda yang mau go international.
 Di situs itu, ada puluhan ribu penulis dari berbagai belahan dunia. Dari
Indonesia sendiri, saya adalah orang yang tepat ke-300 masuk ke sana sebagai
expert author.
 Beberapa nama dari Indonesia yang saya kenal di antaranya:
 Dadang Kadarusman (6 artikel)
Anne Ahira (39 artikel)
 Chairil Maxum (2 artikel)
Suwandi Chow (6 artikel)
Putera Lengkong (3 artikel)
 Ikhwan Sopa (baru 1 artikel hi...hi...hi...)
 Untuk bisa masuk ke sana, saya harus punya artikel yang copyright-nya memang
asli milik saya sendiri. Alhamdulillah, beberapa dari ratusan tulisan saya,
benar-benar asli hasil karya sendiri.
 Small steps memang, tapi saya yakin bahwa semua yang saya lakukan di atas,
adalah bagian dari langkah-langkah menuju masa depan. Anda, bisa mengikuti
langkah saya. Go International.
 Setidaknya, saya merasa cukup senang karena kini saya satu ruang redaksi
dengan Jack Canfield atau Joe Vitale .
 Jika Anda memang benar-benar mau, Insya Allah Anda akan bisa.
 Doakan.

PIH Hotel Batam, 12 Januari 2008
Ikhwan Sopa
Trainer E.D.A.N.
+62 21 70096855
QA Communication
School of Motivational Communication
http://milis-bicara.blogspot.com

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo!
Answers

Kirim email ke