Salam Power...

Semoga pengawalan e-mail dari saya, kelembutan, Kasih sayang, dan Kemajuan
karir yang sedang shahabat amalkan selalu berkemlimpahan dari Yang Maha Lembut
dan Maha Memberi...

Shahabat pembaca yang anggun… apakah anda mempunyai masalah dalam belajar
bahasa ingris ? sudah mengikuti beberapa kursus tapi masih juga belepotan ?
izinkan saya share kepada anda, baagaimana cara saya belajar bahasa ingris dari
Nol.
Berikut cara saya ;
Bahasa ingris menjadi mudah, karena saya tahu
alasan terkuat mempelajarinya. (apa yang didapatkan bila itu tercapai dan yang
terjadi bila itu tidak terwujud?).

Cara memperkuat vocabulary di memory dengan cara menyebutkan kata-kata
tersbut dalam percakapan bahasa indonesia. Contoh " Tolongturn on AC nya dong
?" " Pak Hendrawan kalau saya mau learn hypnoteraphy bagusnya dimana ya ?" "
Tie kamu bagus ya, Buy dimana ?" ( I did this way )

Cara melatih pengucapan. Bacalah buku, artikel atau tulisan bahasa inggris
sehari 4 pragraf. Bacalah dengan louder. Abaikan terhadap bacaan belum tahu
pengucapannya dan bunyi pronoun salah. Baca saja. Karena tujuannya adalah
melatih lidah. ( Dalam sebulan saya melakukan setiap pagi, dan sempat muncul
kalimat  " gila lho  mad". Yang mengasyikan adalah bulan
depannya diikuti oleh siswa-siswa lainnya.)

Cara melatih writing. Tulislah pengalaman hidup yang anda warnai
sehari-hari. Abaikan saja incorrect gramarnya. Dan andapun tetap mempelajari
gramarnya terus. Langkah ini sekaligus juga akan memperkaya vocabulary yang
anda miliki. inipun akan menjadi alat pengukur perkembangan dan perubahan yang
anda capai. Bila anda memulainya dibulan sepertember. Pada bulan desember nanti,
bacalah kembali tulisan di 3 bulan yang terlewati. Maka andapun akan tertawa
sendiri. Apakah anda mau tahu, apa yang menyebabkan anda tertawa ?
Praktekkanlah.

Cara melatih conversation. satu-satunya cara
agar anda bisa bicara bahasa ingris adalah dengan cara "BICARA". Setiap
hari kita pasti berkata-berkata. Mulai saat ini gunakanlah kata-kata bahasa
ingris dalam komunikasi anda. contoh ; we eat lunch first yuk ! anda
tidak perlu khawatir mengenai gramarnya. percayalah, sangat banyak pengkoreksi
kesalahan dalam hidup ini. Bahkan anda mendapat koreksi gratis lagi... untuk
lebih mudah lagi berkomunikasi dalam bahasa ingris, lakukan dengna cara
menganggap diri anda seolah-olah orang asing. Gunakan style dan body language
seperti orang ingris asli.

Cara melatih listening. Seringlah mendengar lagu-lagu berbahasa ingris favorit
anda. Beli DVD movie yang anda senangi, pertama-tama gunakan teks bahasa
indoensia. sambari anda perhtikan dan simak pengunakan kata-kata serta
pengucapannya. Kemudian teksnya ganti menjadi dalam bentuk bahasa ingris. Dan
pada level terakhir hilangkan teksnya.

Denmikianlah sharing singkat dari saya. mudah-mudahan bisa memberi makna kepada
anda semua.

 Rahmadsyah
Certified Master NLP Practitioner
www.trainer-tcc.blogspot.com