--- Pada Jum, 19/12/08, Ikhwan Sopa <ikhwan.s...@gmail.com> menulis:
Dari: Ikhwan Sopa <ikhwan.s...@gmail.com>
Topik: [Bicara] Para Dai Harus Inovatif Dalam Berdakwah
Kepada: "i-nlp" <i-...@yahoogroups.com>, "idnlpsociety"
<idnlpsoci...@yahoogroups.com>, "bicara" <bicara@yahoogroups.com>
Tanggal: Jumat, 19 Desember, 2008, 10:23 AM

Hidayatullah.com—
Guru Besar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr
Sofyan Saad, menyarakankan, para dai di era global harus lebih inovatif
dalam berdakwah

Guru Besar Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka
(Uhamka), Prof. Dr Sofyan Saad mengatakan, dakwah di era globar harus
lebih inovatif.

"Dakwah di era global ini merupakan tantangan
yang teramat berat bagi para dai, apalagi kondisi umat Islam di
Indonesia saat ini lemah dalam berbagai bidang," katanya saat
menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda sarjana Sekolah Tinggi Agama
Islam (STAI) Publisistik Thawalib Jakarta, Selasa (16/12).

Menurut Sofyan, dai atau juru dakwah harus membenahi diri dengan melengkapi
penguasaan
bahasa Arab,
Inggris
serta bahasa lainnya,
selain ilmu Al-Quran dan Hadits.

Para
dai juga hendaknya menguasai metode dakwah dengan mempelajari bidang
ilmu lainnya seperti psikologi, filsafat, sosiologi, antropologi, dan
lainnya untuk mendukung kualitas diri.

"Para dai juga hendaknya
menguasai media multimedia seperti komputer, internet sebagai perangkat
media pendukung dakwah agar lebih baik," kata Sofyan yang juga menantu
ulama kondang almarhum Buya Hamka itu.

Dikatakan dia peta
kondisi umat Islam Indonesia saat ini masih lemah di berbabagi bidang.
Lemah di bidang ekonomi, terlihat dari 70 persen lebih uang yang
beredar dikelola dan dinikmati oleh non muslim.

Ia menambahkan, hampir semua industri di Indonesia dikuasai oleh non-muslim,
sektor perbankan, perumahan dan sebagainya.

"Selain
itu juga tidak berdaya dalam kekuatan politik, serta kualitas
pendidikan yang rendah. Lembaga-lembaga pendidikan Islam lemah dalam
dana, sarana dan prasarana," kata Sofyan

sumber
http://tinyurl.com/6eq5mm

------------------------------------

"CONFIDENCE COMMUNICATION WORKSHOP"
(Workshop E.D.A.N.)
Trainer: Ikhwan Sopa
Sabtu-Minggu, 08-09 NOPEMBER 2008
Hotel Sofyan Betawi Jakarta
Hub: Miss Titiek - 085878200077, titiek.qac...@gmail.com
Info: http://milis-bicara.blogspot.com

IKLAN: Iklan diperkenankan hanya hari Jumat, awali subject dengan "Iklan
Jumat:" Iklan MLM, Forex, Affiliate, Referral dan sebagainya hanya satu
bulan sekali pada hari Jumat MINGGU KEDUA.

CATATAN PENTING: Pastikan bahwa Anda mencerna semua hal di atas dengan
penyesuaian kepada sistem tata nilai yang Anda anut. Beberapa hal mungkin tidak
sesuai dengan tata nilai Anda, beberapa lainnya akan universal sifatnya. Tugas
kami hanya mengingatkan Anda. Mohon dimaklumi, ada file-file yang secara rutin
dikirim berulang 1 bulan sekali.