Setahu saya ada beberapa perbedaan sistem bank konvensional dan syariah
contohnya:

tak ada bunga, yang ada bagi hasil. dalam bagi hasil tidak ada kesepakatan
sekian persen dari apa yang kita tabungkan melainkan sekian persen dari yang
kita tabungkan di kalikan keuntungan transaksi yang dilakukan bank syariah.
jadi dianggap sebagai pembagian keuntungan, dan bukan bunga simpanan bank.
dalam Islam kan tidak boleh kita meminjamkan dan menetapkan bunga pada waktu
peminjaman

uang yang ada diputar pada bisnis yang tidak bertentangan dengan agama. jadi
uang anda tidak diputar dalam bisnis minuman keras misalnya. jadi kita merasa
tentram karena dijamin uang kita tidak diputar dalam bisnis haram

ada perbedaan dalam transaksi. misal dalam bank konvensional kita akan beli
rumah. bank meminjamkan uang pada kita untuk membeli barang tersebut, lalu kita
bayar hutang pada bank beserta dengan bunganya
dalam bank syariah bank yang membeli barang dari penjual, lalu menjualnya
kepada kita dengan tambahan harga dan kesepakatan cicilan. jadi tak ada
ijab-qabul yang melibatkan bunga (baca: riba) disini.

teman2 dari bank syariah mungkin bisa membantu menjelaskan lebih lanjut

My Regards, Dadan Ramdani\
smoga Allah senantiasa menyelimuti kita dengan keberkahan dan kemuliaanNya