Rekan-rekan sekalian,
Ini untuk meng-klarifikasi semua persepsi pengertian perspektif paradigma kita
semua supaya menjadi sebuah hal yang punya base yang sama.
Yang ingin lebih explore ide yang saya lontarkan awal dengan judul "bisnis
sempurna", silakan JAPRI saja supaya fokus dan tidak terdistorsi dengan yang
lain yang belum punya base faham yan sama.
Salam,
Aldi
---------------------------------------------------------------------------------------------------PERBEDAAN
 PARADIGMA -- Pendekatan Business/Marketing

Terlalu banyak macam jenis pilihan peluang (kesempatan) untuk melakukan bisnis
dengan berbagai bentuk pemasaran telah membuat masyarakat "bingung" dan
"mis-konsepsi" terhadap hal yang sebenarnya.

Berbagai macam penawaran beredar (berseliweran) di sekitar kita dengan
menjanjikan hal yang "muluk" bahkan sampai dengan yang mengatakan akan
mendapatkan "return" lebih mudah, lebih cepat dan lebih besar. HATI-HATI dengan
PENAWARAN seperti tersebut !!

Ini telah mengakibatkan banyak sekali kekeliruan terjadi di masyarakat dalam
hal ekspektasi, penerapan, dan bahkan mengakibatkan kerugian yang tidak
sedikit. Beberapa contoh dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa
banyak pihak/oknum yang menggunakan kedok usaha MLM, Investasi, Arisan Berantai
dan lain sebagainya yang pada akhirnya merupakan jenis penipuan klasik yang
dipoles menjadi tawaran menarik terkini.

Untuk memberikan informasi, persepsi,perspektif dan paradigma yang benar
mengenai jenis pendekatan bisnis /marketing, berikut ini adalah gambaran
beberapa konsep bisnis/marketing yang ada:

Direct Selling ... 1 x 1000
Multi Level Marketing ... 10 x 100
Guerilla Marketing ... 100 x 10
Network Marketing ... 1000 x 1
Franchising ... 1000 x 10
Intellectual Distribution ... 1000 x 100
e-Commerce ... 1000^10

Deskripsi dari masing-masing pendekatan:

Direct Selling: berorientasi kental pada sales product ... tercermin dengan
1x1000 ... yaitu seorang salesman bisa menjual 1000 produk. Tetapi bila
salesman tsb sakit, tidak akan ada penjualan/omset.
Multi Level Marketing: berorientasi pada perekrutan beberapa salesman untuk
bisa menjual sehingga bisa mencapai omset lebih besar ... tercermin dengan
10x100 ... yaitu beberapa salesman (10 orang) menjual banyak (100) produk.
Tetapi bila semua salesman sakit/tidak aktif, maka tidak akan ada
penjualan/omset.
Guerilla Marketing: berorientasi pada membentuk sel-sel/kelompok kerja (seperti
gerilyawan) yang mahir melakukan marketing (bukan sales) untuk bisa memasarkan
produk ke target pasarnya ... tercermin dengan 100x10 ... yaitu para marketer
(100 gerilyawan) aktif melakukan pemasaran beberapa (10) produk.
Network Marketing: berorientasi pada pembentukan komunitas konsumen yang loyal
yang mengkonsumsi produk ... tercermin dengan 1000x1 ... yaitu para konsumen
(1000 orang) menggunakan sedikit (satu) produk saja. Bila para konsumen sakit,
mereka tetap akan belanja rutin kebutuhan mereka alias omset penjualan tetap
terjadi.
Franchising: berorientasi pada konsumen yang loyal mengkonsumsi beberapa produk
... tercermin dengan 1000x10 ... yatu para konsumen loyal (1000 orang)
menggunakan beberapa (10) produk. Bila para konsumen sakit, mereka tetap akan
belanja rutin kebutuhan mereka alias omset penjualan tetap terjadi.
Intellectual Distribution: berorientasi pada rekomendasi dan distribusi oleh
para konsumen kepada komunitas sekeliling mereka, karena para konsumen ini juga
menjadi pelaku bisnisnya ... tercermin dengan 1000x100 ... yaitu para 1000
konsumen (sekaligus pebisnisnya) memberikan rekomendasi ke lingkungannya
tentang sejumlah (100) produk/jasa yang mereka gunakan/nikmati/senangi dan
mendistribusikannya kepada para pengguna. Pendekatan ini juga dikenal
sebagai Referral Marketing.
e-Commerce: beorientasi pada komunitas konsumen yang luas yang dapat
bertransaksi dengan tidak dibatasi waktu dan wilayah, juga sekaligus mereka
bisa melakukan rekomendasi (referral) kepada lingkungannya dan bisa
mendistribusikannya ... tercermin dengan 1000^10 ... yaitu para 1000 konsumen
dapat melakukan variasi dari konsumsi, rekomendasi, pemasaran dan memiliki
bisnisnya juga jalur distribusinya.

Sebagai analogi sederhana untuk mendapatkan gambaran terhadap setiap hal di
atas. Ibaratnya BURGER bisa dijual dengan beberapa cara seperti:

1)Dijual di rumah

2)Dijual di gerobak di pinggir jalan

3)Dijual dengan dagang keliling asongan

4)Dijual di sebuah "rumah makan"

5)Dijual dengan cara seperti McDonald (franchise).

Sama-sama BURGER sebagai obyeknya, tetapi bila kita memilih salah satu tentunya
ada konsekuensi logis jenis upaya yang akan terkait. Tapi bila kita ingin
memiliki BISNIS BURGER yang SUKSES, tentunya kita akan mengambil pilihan
seperti sistem McDonald (meskipun tidak lebih enak daripada yang dibuat di
rumah).

Tulisan ini dibuat untuk meluruskan mis-persepsi dan mis-konsepsi yang
terlanjur keliru dianut oleh masyarakat sehingga merugikan para pebisnis,
pelaku usaha, produsen produk, penyedia jasa dan juga para konsumen.

Semoga ini bermanfaat dan dapat menjelaskan.

Salam Optimis,

Aldi A. Affandi
Advisory Personal Coach
0815-8620-5277