mr p nya kok ilang ya? ato i miss the reply?

mau nimbrung dikit. sepengetahuan saya, asuransi untuk pendidikan anak, hampir
semua asuransi akan mengcover apabila terjadi hal2 yang tidak di inginkan
terjadi terhadap pembayar premi. seperti asuransi prudential, manulife &
allianz. untuk asuransi yang lainnya saya nga terlalu tau. asuransi pendidikan
anak dananya di investasikan di unitlink, sehingga bisa bertumbuh.

untuk asuransi di atas, apabila pembayar premi terjadi sakit kritis seperti
yang di sebut di polis (krn masing2 asuransi jenis penyakit kritisnya beda2)
atau meninggal dunia, maka pihak asuransi yang akan membayar sisa pembayaran.
contoh si A membayar asuransi pendidikan untuk anaknya B selama 10 thn,
ternyata di thn ke 2 si A meninggal dunia, maka keluarga A tidak perlu membayar
kewajiban asuransi pendidikan B. Perusahaan asuransi akan membayar
premi/menabungkan setiap thnnya sampai thn ke 10 untuk si B. si B akan
mendapatkan dana tunai di antara kisaran prediksi pertumbuhan unit linknya.

masalah uang siapa yang ditabungkan, itu ada itung2annya pak. di luar negeri
ada jurusan actuary yang ngitung2 buat produk perus asuransi supaya nga tekor
:-)

kalau untuk fasilitas anak sakit ikut tercover oleh asuransi, itu merupakan
tambahan. tp perlu di ketahui biaya yang disisihkan dari premi yang kita setor
untuk fasilitas ini cukup tinggi.  boleh di coba suruh agen asuransi bikin
illustrasi dengan setoran yang sama per bulan, 1 tanpa fasilitas rumah sakit, 1
lagi dengan rumah sakit, nilai tunai akan berbeda secara significant seiring
dengan bertambahnya umur anak.

fasilitas rumah sakit adalah tambahan, tergantung kebutuhan. coba pikirkan
seberapa sering anak anda sakit sehingga harus menginap di rumah sakit? berapa
kira2 biaya rumah sakit? apakah tabungan anda bisa mencover kebutuhan darurat
tsb? apabila anda bekerja pada perusahaan, apakah biaya kesehatan keluarga anda
di tanggung?

for info, saya aja ikut asuransi rumah sakit udah 6 thn, tp nga pernah claim.
dan asuransi rumah sakit ini sifatnya hangus apabila tidak di claim.

segitu sharing dari saya, apabila ada yang salah tolong di betulkan. karena
saya bukan agen asuransi :-)