kalau saya, secara pribadi tidak mempermasalahkan apa saja yang dibicarakan
atau diperdebatkan di sini.
hanya, bagaimana kita menuliskan pendapat kita itu yang mesti diperhatikan.
juga bagaimana reaksi kita terhadap pendapat orang lain itu.

seperti kasus terakhir, mungkin beberapa orang menilai postingan suriadi itu
berlebihan, dan beberapa yang lain menilai itu wajar.
nah, mungkin yang menilai postingan itu berlebihan, melakukan tanggapan
dengan kata-kata seadanya, sementara yang menilai wajar, berharap si
penanggap tadi memberi respon yang sedikit lebih membangun.
hhh...
itu saja.

kalau tread tadi ditutup, saya sebenarnya setuju karena memang reply
beberapa orang sudah ndak enak untuk dibaca. tapi sebenarnya kalau kita
luruskan lagi pembicaraan tadi saya juga setuju, asalkan jangan
gontok-gontokan lagi. Kalau sudah begitu, ndak perlu mi ada anggota yang
unsub dari milis. (tulisan mereka akan dirindukan di sini).

saya pikir, pembicaraan yang lebih dalam juga tidak ada salahnya di milis
ini.
satu pembicaraan saya yakin tidak akan mengubah alur dan image milis ini.
saya yakin seserius apa pun pembicaraan, masih banyak teman-teman yang mampu
untuk memelintirnya ke pembicaraan yang lebih santai.

kemudian, akhir kata (ceramah jum'at kapang) mari kita mereply, menanggapi
berbagai pembicaraan dengan kasih sayang dan tanggapan yang lebih membangun.

coba ki' baca peraturan milis ini : "postinglah dengan kasih sayang"

lebih mari berfikir lagi, jangan unsub tiba-tiba, jangan mengundurkan diri
tiba-tiba.
hikss..
kalau banyak yang unsub, siapa mi yang bisa posting seperti kita' untuk
gantikan ki'?
kalau ada mi yang mengundurkan diri, siapa mi yang bisa, merasa bisa, dan
merasa lebih baik, juga merasa mampu untuk gantikan ki'?
hmmm??

ada yang bilang, kalau tidak suka sama postingan tertentu, ya diam saja.
ini juga bagus diterapkan.
tapi lebih bagus lagi kalau tanggapannya yang enak untuk dibaca.

salam,

--
Sent from my YangTerkerenDiDunia(R) wireless device :

Mohammad
Mustamar Natsir __________________________
http://www.profmustamar.com
[EMAIL PROTECTED] __________________