Kawan-kawan,

Menjelang ultah AM pertama, saya mengajukan sejumlah ide-ide koddala' yang
muncul dari pemikiran saya yang naif dan lugu. Sekedar turut urun rembug
memikirkan perkembangan AM--yang kian hari semakin bertambah anggotanya
serta makin kompak-- dimasa mendatang.

 *1. Pendataan Anggota AM*

Saya melihat sisi ini sangat strategis dan penting untuk segera digarap.
Bukan apa-apa, dengan adanya database anggota AM yang valid, selalu update,
dan mudah diakses, maka identifikasi potensi anggota bisa dilakukan
sekaligus diberdayakan. Saya berharap database anggota AM termasuk jumlah
blog yang dimilikinya (bisa jadi satu orang punya lebih dari satu blog
kan'?) menjadi database anggota terlengkap diantara seluruh komunitas blog
yang ada di Indonesia. Jadi ketika kita mengklaim bahwa--misalnya
ji--anggota AM ada 1000 orang dengan jumlah blog 5 juta (mungkinkah itu?),
kita akan punya data yang valid untuk itu. Tinggal sodorkan link-nya, jika
memang ada yg perlu merasa data itu perlu diverifikasi. Keuntungan lain,
dengan database yang ada, bisa dipetakan potensi kawan2 komunitas ini. Tidak
hanya kawasan Makassar, tapi juga yg berada diluar.

*2. Kontribusi AM untuk program edukasi Blog*
**
Pada saat Pak Cahyana,Dirjen Telematika Depkominfo mencanangkan tahun depan
mesti ada 1 juta blog, maka ini bisa menjadi sebuah momentum untuk memulai
menjalankan program edukasi blog.
Sejumlah aksi bisa dilakukan misal:

a. Road show ke SMU-SMU dan Universitas (ini bisa disinkronkan dengan
program Roadshow Asia BloggingNetworknya - Nokia bersama BP)

b. Pembuatan Buku Tutorial blog praktis kerjasama dengan AWARI (asosiasi
warnet indonesia). Jadi, konsep saya adalah berupa AM menyusun buku tutorial
blog dan akan diterbitkan oleh biaya sponsor (konsekuensinya sponsor akan
bayar ongkos cetak, honor penulis tapi dgn imbalan mereka pasang iklan
dibuku itu). Buku2 tadi dibagikan secara gratis lewat jaringan warnet yg ada
di Makassar, tentu atas rekomendasi ketua AWARI, Daeng Irwin. Jadi
distribusi bukunya lewat AWARI.

c, Lewat Majalah PC-Cell, AM selain mengisi rubrik tutorial blog juga
mengasuh "Klinik Blog". Silakan rumuskan kerjasamanya.

d. dll..

*3. Upaya mencari dana operasional AM*

2 Minggu lalu, salah seorang kawan satu angkatan saya di Teknik Mesin
UNHAS'89, Ardian Iskandar minta saya membuatkan grup band Edelweiss (jadi mi
blognya di www.edelweissband.blogspot.com) yang di-manajemi-nya
(edede..susahnya itu bahasa di'?..hehehe). Ardian selain kerja di Michelin
juga aktif di IMPORT (Independen Music Portal,www.importmusic.com yang
dimiliki oleh Indra Lesmana dan Anang Hermansyah).
Nah..dia ngasih ide, gimana kalo komunitas AM bikin Nada Sambung Pribadi
khas logat Makassar. Jadi misalnya, Ruslee telepon saya, maka akan keluar
logat khas bahasa Makassar sebagai nada tunggunya, seperti : "apantumae
cappo'?" atau misalnya "Garring apai Nona?"...hehehe. Tidak hanya itu, kalau
ada lagu tema khas Blogger Makassar bisa juga dimasukkan disana.

Tidak usah panjang2. 50 detik sudah cukup. Saya yakin kawan2 di Makassar
bisa buat. Rekam saja dan Burn di CD. Saya dan Ardian akan bantu untuk
ajukan proposalnya ke IMPORT dan mereka akan mediasi untuk jadikan nada
sambung pribadi utk Telkomsel, XL dan Indosat. Lumayan, sekali nada sambung
terupload, AM dapat Rp 1000. Bayangkan jika dlm sebulan kalo 200 anggota AM
dikali 2 saja (ini bersama pasangannya) mendownload nada sambung ini, maka
bisa dapat Rp 4 juta rupiah. Lumanyang (Lumayan dan Kalumanyang) toh?

Program kedua, jalankan Rantai Buku AM seperti yang sudah saya canangkan
tempo hari.

Nah silakan didiskusikan, syukur2 bisa menjadi agenda AM untuk tahun
mendatang.

wassalam,

www.amriltgobel.net
www.amriltg.blogspot.com