saya kira Kak Ly bukan bermaksud menyerang blogger yg narsis...curhatnya
Lily itu untuk membangkitkan semangat para blogger untuk membuat 'quality
writing' yang bukan sekedar bercerita ttg diri pribadi bloggernya, tapi
memotret jauh melebihi horizon ke-aku-annya...

misalnya: mencoba menulis ttg kejadian sekitar yg magnitude/pengaruh nya
lebih besar ke masyarakat, dengan gaya menulis populer dan layak baca. jadi
impactnya bukan cuman si blogger, tapi ke yang lain.

menurut saya yang sangat narsis ini, menulis yang baik adalah sama dengan
memberi sedekah. sedekah itu seharusnya selain berguna bagi yang diberi
sedekah yakni para pembaca, juga makin menambah pahala/kualitas pribadi si
penulis.

bagaimana menjadikan tulisan itu berguna;
1. tulisan berkualitas, baik dari segi topik, diksi/pilihan kata, maupun
gaya bahasa dalam menulis
2. tulisan punya efek ke pembaca nya; apa saja yg bisa dishare; semangat,
informasi, skill, dll.

measurementnya:
1. Layak tampil di media (minimal Surat Pembaca, kalo sudah tembus di rubrik
Opini sudah luar biasa).
2. Si pembaca blog mengerti dan memahami postingan, dan sekiranya ada unsur
persuasifnya, si pembaca blog akan menorehkan komen yang tidak sekedar say
hello atau pujian, tp juga memberi feed back postingannya.

tapi alaa kulli hall (kayak tong penceramah)..
janganmi merasa terbebani utk menjadi blogger/penulis yang baik, apalagi
sampaai sangat terobsesi untuk menulis di Media...jadimeki saja apa yang
kita inginkan...

cita-cita yang paling sederhana tapi sangat signifikan dalam hidup adalah
menjadi: *Pembelajar!*
selama masih ada keinginan menjadi pembelajar, insya Allah, apapun yang kita
inginkan bisa kita usahakan utnuk tercapai (walau tidak ada jaminan akan
tercapai...hehehe)

jadi, tanamkan diri untuk mulai sekarang mencoba belajar bagaimana menulis
yang baik...
1. banyak membaca
2. banyak menulis

seperti daeng Yaya, daeng Amril, daeng Gassing, daeng Kebo (Rara), daeng
Nuntung, Prof Mus, Adink, Madces, Mamie, intan, teza, aiiiyaaa.capekka kalo
sa sebut semua ; banyak sekali bah

sa kira semuanya adalah blogger pembelajar menulis yang baik, buktinya aktif
menulis postingan di milis ini, walaupun masih suka OOT...hehehe

rusle
http://daengrusle.com
http://muhruslee.multiply.com

Kirim email ke