Halo AM-ers.. sorry lama tak muncul..
*email ini di copy-paste + edit dikit dari email saya ke
penyelamatdata.comyg kena mailer-daemon*

Saya punya 2 harddisk bermasalah dengan kapasitas lumayan besar, satu 200GB,
satunya 250GB. keduanya Seagate.
1. Untuk yang 200GB, saya gunakan sbg harddisk external dengan menggunakan
kabel IDE-USB. Ketika kemarin mau digunakan, ketika dicolokkan kabel adaptor
ke listrik lalu saya hubungkan ke hdd tsb, hdd tidak bereaksi (biasanya jadi
'kaku' mgk karena magnetnya dialiri listrik), dan tidak ada bunyi seperti
biasa ketika dinyalakan/diakses. kemudian salah satu chip di mainboardnya
jadi panas secara cepat jika kabel dari adaptor saya pasang. Saya coba
menggunakan adaptor dan kabel lain, rupanya kasusnya tetap sama. HDD tsb
terakhir saya gunakan sehari sebelumnya dan berfungsi dengan baik.

2. Untuk yang 250GB, kondisinya sudah agak lama rusak, (3bln-an), kondisi
terakhir terpasang di PC, tiba-tiba suatu hari hilang (tidak muncul drivenya
di windows). Lalu saya coba keluarkan dan pasang di komputer lain, tetap
sama. Tidak terdeteksi. Kondisi hddnya sendiri aktif (menyala) dan ada bunyi
seperti beroperasi normal. Tapi tidak terdeteksi di windows/linux.

Beberapa pertanyaan:
1. melihat kasus di atas, kira-kira apa penyebab kerusakan dan kemungkinan
perbaikannya?
2. apakah bisa diperbaiki dalam arti hdd tsb bisa digunakan kembali atau
bagaimana
3. apakah di Makassar ada yang dapat melakukan recovery/perbaikan harddisk?

Terima Kasih untuk responnya,

John
--
http://john.chendra.net/index.php/2008/01/03/kecelakaan-digital/