Saya sempat ngobrol cukup panjang dan dalam dengan Ina tadi malam, dan
ada sejumlah gagasan. Saya sendiri cukup prihatin dengan situasi yang kini
sedang terjadi, tapi hendaknya bisa kita sikapi secara bijak bersama-sama.
Saya sudah cukup prihatin dengan muncul penolakan pesta blogger -- jauh
sebelum ini -- dengan alasan "jakarta sentris" yang menurut saya belum
saatnya untuk diperdebatkan.

Mohon maaf sebelumnya jika apa yang saya sampaikan ini dianggap lancang,
ndak ada maksud selain ingin sumbang saran aja.

Saya mulai dengan suatu pandangan bahwa komunitas blogger se-Indonesia
dan pesta blogger (PB 2008) yang akan diadakan ini adalah hal yang besar.
Di sisi lain saya juga memandang bahwa komunitas blogger AngingMammiri (AM)
adalah komunitas besar dan secara virtual merupakan bagian dari komunitas
blogger Indonesia. Sayangnya, pengunduran jadwal PB 2008 (jadi 22 Nov 2008)
telah berdampak cukup serius karena bertepatan dengan acara ultah AM (23 Nov
2008) yang akan diisi juga dengan peluncuran buku "Ijo Anget Anget".

Konflik dari sisi jadwal sudah terjadi, meskipun masih ada kemungkinan untuk
perubahan jadwal PB 2008, tapi tampaknya kecil sekali. Namun alangkah
eloknya jika konflik jadwal ini tidak dipertajam menjadi konflik antara
sesama
blogger. Nah, yang ingin saya sampaikan adalah benang merah dari kegiatan
PB 2008 dan perayaan ultah AM, yang berujung pada dua alternatif solusi,
meskipun barangkali bukan yang terbaik, tapi mudah-mudahan bisa mencairkan
ketegangan dan mengobati kekecewaan yang terlanjur ada, sementara semua
kegiatan dan pesta bisa tetap berlangsung dengan lancar dan meriah.

*Pertama: acara dibarengkan pada hari yang sama*

Bukan maksudnya pesta sendiri-sendiri, tapi saling mengakomodir. Di
Makassar,
selain pesta ultah dan peluncuran buku, sekalian saja dijadikan Pesta
Blogger
Makassar, seperti kata Rara, namun dengan semangat  yang sama dengan PB
2008.
Toh untuk acara di Jakarta AM masih bisa mengirim perwakilan dari blogger
yang
domisilinya masih dekat. Dalam hal ini saya juga mewakili AM (eh kaosnya
jangan
lupa ya, saya sudah pesan itu hehehehe)

Dalam konteks Pesta Blogger Makassar ini, semoga para blogger yang kebetulan

berada di kawasan yang berdekatan, bisa datang ke Makassar sebagai pengganti

datang ke Jakarta. Jadi bisa lebih meriah.

Di sisi lain, kegiatan di Makassar, dari perayaan ultah,  peluncuran buku,
dan pesta
blogger lokal, mendapat akomodasi dan publikasi yang memadai di acara PB
2008.
Bentuknya barangkali berupa  10-20 menit streaming acara dari Makassar ke
Jakarta.
Dengan kata lain, sebagian acara di Makassar juga menjadi kegiatan tak
terpisahkan
dari PB 2008.

Keuntungan
* tetap ada kesinambungan kegiatan dan spirit antara PB 2008 dan Ultah Am
* ada kebersamaan di antara sesama blogger
* menampung rekan-rekan blogger yang tidak sempat ke Jakarta, tapi masih
bisa berpartisipasi di PB 2008 meski hanya di Makassar
* silaturahmi tetap terjalin
* gaung AM dan peluncuran buku tetap sampai di Jakarta

Konsekuensi
* acara Ultah AM dimajukan sehari (asumsi PB 2008 tetap tanggal 22 nov)
* memerlukan komunikasi dan kerjasama yang lebih erat dan terbuka antara
rekan-rekan
AM dan panitia PB 2008, sekaligus saling pengertian
* memerlukan daya upaya yang lebih besar, apalagi kalau streaming jadi
dilakukan

*Kedua: acara Ultah AM dan peluncuran buku ditunda satu minggu*

Saya pikir pilihan ini tidak perlu dijelaskan lebih jauh, cukup dilihat
keuntungan
dan konsekuensinya.

Keuntungan
* Rombongan besar dari Makassar bisa tetap menghadiri PB 2008
* sekaligus bisa protes secara langsung, bukan untuk membesar-besar masalah,
tapi
untuk menjadi masukan untuk tahun depan, bahkan suara komunitas di seluruh
penjuru
Indonesia perlu diperhatikan
* Acara Ultah AM dan peluncuran buku bisa tetap pada rencana semula, dan
mudah-mudahan ini termasuk kehadiran para pembicara yang semua ditargetkan

Konsekuensi
* Dengan mundurnya acara ultah sampai 1 minggu, mungkin ada konsekuensi
lain yang dalam hal ini saya kurang paham karena tidak terlibat langsung
* waktunya cukup mepet karena hanya punya waktu beberapa hari sepulang
dari Jakarta dan mempersiapkan acara Ultah

Saya sudah sempat korespondensi dengan Enda, dan secara tidak langsung
mengungkapkan kekecewaan teman-teman Makassar atas pengunduran jadwal
PB 2008 yang berdampak besar ini. Sekilas saya menangkap dua hal: (1) kecil
sekali kemungkinan jadwal PB 2008 berubah lagi, (2) panitia PB 2008 masih
terbuka untuk mendiskusikan hal-hal untuk mengakomodir AM. Saya juga sudah
mengungkapkan esensi dari gagasan yang saya sampaikan di atas, tapi dalam
kapasitas sebagai pribadi, karena saya tidak berani mengatasnamakan AM.
Tapi Enda cukup paham bahwa saya bagian dari AM.

Dalam beberapa hari ke depan, saya juga mengagendakan bertemua langsung
dengan Enda, dan berharap dapat membawa sikap dan gagasan yang lebih solid
dari teman-teman AM. Jadi saya juga sekaligus minta ijin dari teman-teman
untuk
menjadi wakil AM dalam pertemuan nanti, syukur-syukur bisa ketemua juga
dengan
panitia PB 2008 lainnya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan sebagai pendukung PB 2008 yang juga
anggota AM dan pendukung acara Ultah AM dan peluncuran buku. Semoga yang
saya sampaikan ini dapat menjadi pertimbangan, untuk kejayaan (halah, apa
sih) para
blogger Indonesia secara umum, dan juga AM secara khusus.

*lho kok jadi panjang memanjang, bagusnya jadi tulisan di blog aja kali,
hehehehehe*

Salam hangat dari Bogor!

Kirim email ke