Setuju
Sy pernah nulis surat pembaca di Tempo usulan utk membubarkan MUI saja...tentu
saja dgn banyak IF.....

Maaf
Ini sa copy kan sedikit uneg2 kawan di blognya soal lembaga ini

http://apri23.multiply.com/journal/item/56

Maka, sebagaimana DR Yusuf Al Qarhdawy yang menulis buku "FIQH Prioritas", Jika
itu diartikan sebagai Dakwah tentu juga punya prioritas-prioritas. Prioritas
yang dimaksud adalah pengabdian kepada rakyat kecil yang tertindas, Karena
Islam, pada menit awal kelahirannya, bukan agama ELITIS, agama para pembesar,
saudagar, kepala suku, birokrat dan seterusnya, Islam memihak rakyat kecil!.
Nabi Muhammad SAW sendiri dikenal sebagai "Bapak-nya Kaum PAPA (Mustdhaffin)"
karena kecintaan beliau untuk dekat dengan para Fakir yang tertindas sekaligus
melakukan perlawanan terhadap struktur masyarakat yang dzalim, korup dan kejam.
Sudah seharusnya Para ulama-pun--sebagai pewaris "lidah" para NABI--mengikuti
jejak Nabi teladan umat ini. Misalnya dengan mengeluarkan Fatwa HAram untuk
Kenaikan BBM !. Atau fatwa HARAM bagi supir angkot yang MENOLAK penurunan
tarif, atau Fatwa HARAM bagi pengusaha BAKRIE yg mengulur2 pembayaran ganti
rugi korban Lapindo....

Bukan rahasia Umum, Fatwa-fatwa diproduksi, sebagai contoh dari MUI,
justru--dalam catatan saya--adalah untuk tiga alasan :1) untuk mendukung
kebijakan pemerintah, 2) Melicinkan Bisnis, 3)Memperkuat Hegemoni Mayoritas
atas minoritas.

MUI--menurut mantan Menteri Agama, Munawir Sadjali memang didirikan untuk
mendukung kebijakan pemerintah dengan bahasa yang dimengerti umat, dengan kata
lain, MUI yang berdiri sejak 1975 itu adalah ormas agama yang menjadi stempel
pemerintah. Ini misalnya terlihat ketika MUI yang pada awalnya menolak Keluarga
Berencana (KB) ternyata dengan tekanan pemerintah terbitlah Fatwa halal tentang
KB, lalu ketika SDSB ramai-ramai ditolak masyarakat, ulama MUI tampak diam
saja, bahkan ketua komisi fatwa MUI saat itu, ProF Ibrahim Hosen berpendapat
bahwa SDSB, porkas dan sejenisnya bukan kategori Judi, meskipun ini pendapat
pribadi namun massyarakat kadung menilai bahwa inilah pendapat MUi yang takluk
kepada kebijakan Penguasa.

Fatwa MUI juga sangat kental dengan dukung-mendukung bisnis, misalnya Fatwa
tentang Haramnya makan Kodok, tetapi untuk Budidaya Kodok malah halal, Fatwa
Haram Bunga Bank di tahun 2004 untuk mendukung menjamurnya Bank-Bank
(berstempel) Syariah, dan tidak jarang, MUi berkunjung ke
Pabrik-pabrik--misalnya IndoFood guna mendukung bahwa perusahaan tersebut
benar-benar memproduksi makanan yang halal.

salama'

drusle
http://daengrusle.com

- People are enemies of what they don’t know - Imam Ali Karamallahu Wajhahu -