Matanya sipit dengan bola mata kecoklatan. Berbadan tegap dan berkulit hitam.
Saat saya salaman telapak tangannya terasa kuat menggenggam. Namanya Hamid. Di
sampingnya, duduk dengan tenang Samir. Mereka datang ke Sidrap untuk bekerja di
gudang beras Haji Karajeng. Di daerah "Maloku?"

Saat saya temui dia sedang bersiap meninggalkan Pangkajene untuk kembali ke
Tamalatea, Jeneponto. Bawaanya adalah beberapa ekor ayam jantan yang telah dia
beli dan tentu saja uang gaji selama bekerja di sana.

"Nakke tena kussikola iya jari iyyaminne jamang jamangta" Kata Hamid. Artinya,
saya tidak sekolah jadi beginilah pekerjaanku.

Baru hampir sebulan ini mereka bekerja di situ. Hamid dan Samir diboyong ke
Sidrap oleh keluarganya yang telah lebih dahulu berkenalan dengan Haji
Karajeng. "Di sana, saya menjaga gudang beras sekaligus menjemur dan
mengarungkan gabah dan beras" Katanya.

"Selama 20 hari bekerja ini saya dapat satu juta" Katanya yang diaminkan Samir.
"Kami akan pulang ke Tamalate dulu. Nanti datang lagi" lanjutnya. Mestinya
mereka pulang berenam, temannya yang juga datang dari Tamalate tapi yang
keempat masih menuntaskan pekerjaan tersisa.

Hamid tidak ingat tanggal lahirnya.
Samir juga. Mereka terkekeh saat saya menunjukkan wajah kaget.  Hamid, punya
empat saudara, laki-laki semua. "Parallu ngaseng injo abboya doa nampa
dipabbunþingi" Katanya yang berarti, "saudara lelakinya itu perlu cari uang
untuk kemudian dikawinkan". Sementara Samir bersaudara 10 orang.  Samir dan
Hamid, telah menikah. Hamid punya tiga orang anak yang masih kecil.

"Kalau sampai di Tamalate, uang gaji mau dibelikan apa?" Tanyaku. "Aih nanti
istri yang tentukan. Terserah dia" Jawab Hamid.

Hamid bersama teman asal Tamalate selama di Sidrap tinggal di area pergudangan
Haji Karaseng. "Kami terima gaji bersih saja. Selebihnya yang punya gudang yang
tanggung. "Ada banyak beras dan telur ayam di Sidrap" Katanya. "Paling hanya
perlu beli rokok saja". Kata Hamid.

Mobilitas Hamid dan Samir yang asli Jeneponto layak dipuji. Dia yang sebelumnya
berprofesi sebagai tukang becak di Makassar menemukan kenikmatan bekerja di
Tanah Bugis, Pangkajene. Bekerja di gudang beras dianggapnya lebih baik dari
pada menjadi tukang becak.

"Tapi biar begitu, semua pekerjaan memang membutuhkan kerja keras. Apalagi jika
sudah punya anak yang sudah mulai bersekolah" Katanya.

Kandea, 20/03/2010
www.denun.net / sent from my deNunBerry®

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional