Catatan Tarwih Malam Ke-7

Sore pukul 5, saya menyaksikan iring-iringan warga mengantar jenazah Ny.
Limbong ke mesjid untuk dishalatjenazahkan. Warga sedang berduka. Ny Limbong,
warga RT 8 berpulang. Rumor berseliweran menyebut bahwa almarhum mengalami
serangan jantung karena bunyi petasan yang marak di sekitar rumahnya. Ny.
Limbong meninggalkan bulan Ramadhan dan kita semua. Yang maha kuasa telah
memanggilnya.

Sore itu, saya baru pulang mengantar Intan ke tempat bimbingan belajarnya.
Pukul 19.15 saya kembali ke tempat Intan dan menjemputnya. Saya berharap semoga
tidak telat kembali ke rumah dan dapat mengikuti shalat Isya berjamaah di
mesjid Nurul Khalifah, Tamarunang. Saya tiba di rumah pukul 19.45 dan mengikuti
rakaat kedua shalat Isya berjamaah hingga selesai.

Sebagaimana biasa, malam ini akan ada ceramah agama. Menurut protokol, Ustadz
Ansar Naba, S.Pd, telah hadir dan siap membawakan ceramah berjudul, "Mudahnya
Islam".

"Bisa menggunakan bahasa Makassar?" Tanya ustadz yang berjenggot panjang ini.
Menurutnya dia harus menyampaikan lebih dini karena saat ini warga kompleks
perumahan sangat majemuk.  Ada keturunan Jawa, Mandar, Tator, Bugis dan lain
sebagainya.  Sesuai dengan judul ceramahnya yang menyatakan bahwa berislam
sangat mudah dia pun mengambil contoh, rukun islam.

Pertama, mengucapkan kalimat syahadat. Betapa mudahnya mengucapkan dua kalimat
itu. Mengakui keesaan Allah SWT dan Muhammad SAW sebagai nabi pamungkas.
"Muhammad adalah khatamunnabiyyin," kata ustadz. Terkait ini, maka ukuran
niscaya kebenaran adalah mengakuinya, mohon jangan diterima yg tidak jelas
dalilnya. Sebagaimana Daeng Paruru di Barombong yang mengaku nabi.

Islam memang mudah, dengan meyakini dalam hati, tidak sujud kepada yg lain
selain Allah SWT, kita telah menjadi pengikut Muhammad. Juga mengakui keesaan
Allah yang bersemayam di atas arasnya, di langit.

Yang kedua, shalat. Gampang kan? Jika tidak bisa berdiri kita bisa duduk, jika
tidak bisa kita bisa telentang atau tidur. Berwudhu pun mudah, jika tidak ada
air kita bisa bertayammum. Yang ketiga adalah puasa. Juga sangat mudah. Tidak
semua mesti puasa. Anak-anak dapat dilatih, dan tidak mesti dipaksakan, orang
gila, orang tua jompo, sakit dapat diringankan. Yang hamil dan baru saja
melahirkan dapat membayar fidyah.

Puasa dengan jelas diatur dalam Alquran. Nabi pun membuatnya lebih detil
melalui hadist yang menjelaskan peran Ibnu Ummi Maktum, sebagai patron waktu,
yaitu sejak Ummi Maktum adzan subuh. "Makan minumlah hingga adzan Ummi
Makhtum," Kata Ustadz menirukan hadist nabi. Jika memahami maksud rukun Islam
maka jelas bahwa begitu mudahnya kita dalam menunaikan rukunnya. "Lalu mengapa
mesti ragu?,"

Gaya, suara dan materi yang dibawakan ustadz sangat menyejukkan. Tidak ada
"sinisme", tidak ada "menakuti jamaah dengan siksa neraka,", tidak ada ejekan
bagi yang tidak "beribadah". Sungguh tak biasa.

Namun, ustadz hanya menjelaskan ketiga rukun islam di atas dengan alasan waktu
yang terbatas. "Saya mesti bersiap juga untuk membawakan ceramah di acara
ta'ziah," katanya

Tamarunang, 16/08/2010
www.denun.net / denung.wordpress.comĀ®

<*> Your email settings: