Dear All Members,

Izinkan saya mengeluarkan sedikit pandangan berkenaan dengan masalah
tulisan Mang Ucup. Hitung2 meluruskan kesalahpahaman antara pihak yang
pro dan kontra tulisan Mang Ucup. Untuk Mang Ucup sebenarnya bila
ditilik2, kritik yang dihaturkan oleh member seperti Bung Steve, Mas
Danardono dan Bung Joe itu bolehlah dipertimbangkan sebagai kritik yang
positif, yang konstruktif. Kalau saya mendapat kritik seperti itu, saya
bolehlah bergembira karena ada yang memperhatikan tulisan saya.

Tidak bermaksud menggurui, namun menurut saya pribadi, dalam menulis
sudah seharusnya kita dapat membedakan opini yang subjektif dan fakta
yang objektif. Saran kecil saya kepada Mang Ucup adalah bila ada data
yang masih diragukan, bolehlah dituliskan bahwa data ini masih diragukan
kebenarannya agar dapat diperhatikan oleh member lainnya. Saya biasanya
mencantumkan "Mohon dikoreksi atau tambahan dari rekan2 bila ada
kesalahan atau kekurangan" dalam tulisan yang saya buat.

Saran dan kritik dari teman2 juga sebatas itu, tidak lebih. Tidak ada
saya lihat ada yang melarang Mang Ucup untuk meneruskan mengirimkan
tulisan ke milis Budaya Tionghua ini. Jadi saya harap Mang Ucup jangan
emosi bila mendapat kritikan seperti ini. Lagipula, di sebuah milis,
tulisan memang adalah perlambang kredibilitas seorang penulis. Namun di
pihak lain, saya juga menghargai dedikasi Mang Ucup yang telah susah
payah menulis.

Untuk rekan member lainnya, saya harapkan juga dapat saling memaklumi
keterbatasan dari setiap member di milis ini karena sebenarnya tidak ada
pakar apapun di milis ini. Semua masih dalam tahap belajar. Mengutip
pepatah Tionghoa, "Huo Dao Lao, Xue Dao Lao" yang artinya "Hidup sampai
tua, belajar juga sampai tua". Ini menunjukkan bahwa kita semua harus
belajar seumur hidup. Kalau ada yang mengaku pakar, maka semua member di
sini juga adalah pakar. Ada yang pakar ini, ada yang pakar itu, sehingga
kita mengadakan bagi2 ilmu di sini. Saya harapkan kita tidak
memperpanjang pro-kontra mengenai tulisan Mang Ucup. Terima kasih.

Rinto Jiang

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM